SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Teknik Sinema Edukasi untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP

Mar'atus Sholikhah

Abstrak


ABSTRAK

 

Kepercayaan diri yang rendah mungkin dimiliki oleh siswa SMP yang sedang dalam tahap usia remaja. Kepercayaan diri yang rendah akan menghambat siswa untuk beradaptasi dengan lingkungannya di sekolah. Kepercayaan diri yang rendah dapat ditingkatkan dengan salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling dengan menggunakan metode sinema edukasi. Sinema edukasi digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri karena sinema memungkinkan siswa untuk mendapatkan semangat dan mendapatkan inspirasi dari tokoh yang ada di dalamnya.

Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan teknik sinema edukasi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Malang. Hipotesis penelitian adalah teknik sinema edukasi efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Malang.

Rancangan penelitian menggunakan penelitian pre-eksperimen dengan rancangan one grup pretest posttest design. Subjek penelitian  berjumlah 16 orang siswa dengan tingkat kepercayaan diri yang rendah. Pengambilan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah inventori kepercayaan diri dan pedoman eksperimen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan teknik analisis non parametrik uji beda wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik sinema edukasi efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Malang. Keseluruhan subjek penelitian mengalami kenaikan skor pretest ke posttest. Pada hasil analisis uji beda wilcoxon menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) bernilai ,000 yang berarti lebih kecil dari