SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Kemampuan Pengelolaan Emosi dengan Perilaku Agresi Siswa kelas X MA Hidayatul Ummah Lamongan

SUSANTI .

Abstrak


ABSTRAK

 

Perilaku agresi mungkin dimiliki oleh siswa SMA yang sedang dalam tahap usia remaja. Perilaku agresi akan menghambat siswa untuk beradaptasi dan sulit menjalin hubungan baik dengan orang lain didalam lingkungan sekolah. Perilaku agresi dapat dikurangi dengan memiliki kemampuan pengelolaan emosi yang tinggi. Pengelolaan emosi yang baik digunakan untuk mengatur perasaan-perasaan yang muncul pada diri siswa agar terungkapkan secara tepat. Pentingnya kemampuan pengelolaan emosi pada diri siswa adalah untuk menahan diri agar tidak larut dalam perasaan yang berlebihan.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) tingkat pengelolaan emosi siswa kelas X MA Hidayatul Ummah Lamongan, (2) tingkat perilaku agresi siswa kelas X MA Hidayatul Ummah Lamongan, (3) melihat apakah ada hubungan antara kemampuan pengelolaan emosi dengan perilaku agresi siswa kelas X MA Hidayatul Ummah Lamongan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara kemampuan pengelolaan emosi dengan perilaku agresi siswa kelas X MA Hidayatul Ummah Lamongan.

Rancangan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan deskripsi korelasional. Subjek penelitian berjumlah 73 siswa pengambilan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik sampel total dengan mengambil keseluruhan siswa kelas X. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala pengelolaan emosi dan skala perilaku agresi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan teknik non perametrik uji korelasi product moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pengelolaan emosi efektif untuk mengurangi perilaku agresi siswa kelas X MA Hidayatul Ummah Lamongan. Pada hasil analisis uji korelasi product moment menunjukkan nilai  = -0,564 dengan signifikansi sebesar ,000 yang berarti lebih kecil dari