SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS KONSELING REALITAS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG

WIDIYANTI .

Abstrak


ABSTRAK

 

Kepercayaan diri merupakan keyakinan atau sikap seseorang yang dapat menerima kenyataan, sehingga ia dapat mengembangkan kesadaran diri untuk mengaktualisasikan diri, mengatasi permasalahan yang ia alami, serta mencapai tujuan dalam hidupnya.

Kepercayaan diri setiap individu berbeda-beda. Banyak faktor yang mempengaruhi kadar kepercayaan diri masing-masing individu secara berkesinambungan dan terus menerus sejak awal perkembangan individu. Kurangnya rasa percaya diri yang dimiliki individu akan merugikan individu yang bersangkutan dan bisa mengakibatkan individu tersebut memiliki self concept yang negatif dan rasa rendah diri. Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek penting pada diri konseli yang perlu ditingkatkan melalui layanan BK.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling realitas dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA Laboratorium UM. Hal ini ditinjau dari peningkatan skor inventori kepercayaan diri maupun peningkatan frekuensi perilaku target pada observasi perilaku. Dalam penelitian ini dilakukan 3 fase kegiatan, yaitu fase A, fase B, dan fase A’.

Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan kegiatan pra konseling pada fase A, yaitu pengerjaan inventori kepercayaan diri dan observasi perilaku sebelum pemberian treatment. Pada kegiatan konseling di fase B, siswa diberikan treatment berupa konseling realitas untuk meningkatkan kepercayaan diri juga diobservasi perilakunya. Terakhir, pada fase A’ siswa kembali mengerjakan inventori kepercayaan diri juga diobservasi perilakunya setelah pemberian treatment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling realitas efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Konseli BDAR mengalami peningkatan kepercayaan diri berdasarkan analisis grafik dengan peningkatan sebesar 81,48%. Skor inventori kepercayaan diri konseli BDAR mengalami peningkatan sebesar 28 angka. Konseli DSP mengalami peningkatan kepercayaan diri berdasarkan analisis grafik dengan peningkatan sebesar 78,95%. Skor inventori kepercayaan diri konseli DSP mengalami peningkatan sebesar 30 angka. Konseli NSPA mengalami peningkatan kepercayaan diri berdasarkan analisis grafik dengan peningkatan sebesar 76,99%. Skor inventori kepercayaan diri konseli NSPA mengalami peningkatan sebesar 25 angka.

Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa konseling realitas efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA Laboratorium UM, konselor dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa yang memiliki karakteristik mirip dengan subjek penelitian menggunakan konseling realitas. Peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian tentang konseling realitas maupun kepercayaan diri dapat membuat pedoman observasi dengan deskripsi perilaku target yang lebih observable.