SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEEFEKTIFAN TEKNIK METAFORA DENGAN FILM PENDEK UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI KARIR SISWA SMK

IVA SEPTIANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Septiana, Iva. 2018. Kefektifan Teknik Metafora dengan Film Pendek untuk Meningkatkan Efikasi Diri karier Siswa SMK. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Triyono, M. Pd., (II) Dr. Hj. Muslihati, S. Ag, M. Pd

 

Kata kunci: Teknik Metafora, Film Pendek, Efikasi Diri Karier

Efikasi diri karier adalah tingkat keyakinan diri seseorang dan pengharapan diri akan kemampuannya dalam bidang karier, yang mana ditunjukkan dengan adanya ketegasan dalam memilih karier, mampu menjalani karier dan mendapatkan kesuksesan, serta ulet dan berusaha dalam menjalani kariernya walaupun banyak tantangan dan hambatan. Efikasi diri karier yang rendah dapat menyebabkan penghindaran pada karier tertentu. Salah satu intervensi yang dapat diberikan untuk meningkatkan efikasi diri karier adalah Konseling realita menggunakan teknik metafora dengan film pendek. Teknik metafora dapat merangsang imajinasi sehingga akan mendorong pencarian makna-makna serta mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Konseling realita membantu dalam pencapaian identitas sukses. Hal ini terikat pada konsep 3R, yaitu keadaan dimana individu dapat menerima kondisi yang dihadapinya, dicapainya dengan doing, thinking, feeling, dan menunjukkan respon-respon fisiologi secara bertanggungjawab (responbility), sesuai ralita (reality), dan benar (right). Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefekifan teknik metafora dengan film pendek dalam konseling realita untuk meningkatkan efikasi diri karier siswa SMK.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah whitin group or individual design dengan bentuk equivalent time series design. Desain ini menguji pengaruh treatment pada satu kelompok dari waktu ke waktu dengan beberapa pengukuran pretest dan posttest. Subjek penelitian siswa SMKN 12 Malang kelas XI Jurusan Multimedia. Subjek dipilih menggunakan teknik purposive sampling atau berdasarkan pertimbangan tertentu, yaitu siswa yang memiliki skor skala efikasi diri karier yang rendah. Instrumen yang digunakan berupa skala efikasi diri karier dan instrument perlakuan yaitu pedoman konseling. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis data individual yaitu dengan melihat perbandingan skor rata-rata efikasi diri karier pada setiap subjek setelah diberikan intervensi dan analisis data kelompok menggunakan analisis statistis uji wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan skor rata-rata efikasi diri karier pada setiap subjek, dimana skor rata-rata efikasi diri karier subjek cenderung meningkat. Selain itu berdasarkan analisis statistic uji Wilcoxon, diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,42 lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti bahwa teknik metafora dengan film pendek dalam konseling realita memberikan pengaruh untuk meningkatkan efikasi diri karier siswa SMK. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan kelompok kontrol sebagai perbandingan hasil penelitian. Selain itu, teknik metafora dengan film pendek dapat digunakan sebagai salah satu intervensi untuk meningkatkan efikasi diri karier siswa SMK, yang mana telah terbukti efektif.