SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA LAYANAN INFORMASI KEHIDUPAN BERKELUARGA SISWA SMKN 12 MALANG

NEVO MUFIDA

Abstrak


ABSTRAK

 

Mufida,  Nevo. 2018. Pengembangan Media Interaktif Layanan Informasi Kehidupan Berkeluarga Siswa SMKN 12 Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. M. Ramli, M.A., (2) Drs. Hamiyanto, M.Pd.

 

Kata kunci: Kehidupan berkeluarga, layanan infromasi, media interkatif.

Salah satu tugas perkembangan yang harus dilalui oleh siswa-siswi pada masa yang akan datang  adalah berkeluarga. Kehidupan berkeluarga penting untuk dipahami sejak siswa-siswi masih berada dibangku sekolah agar dalam pelaksanaan berkeluarga nantinya dapat dilalui dengan bahagia dan sesuai dengan harapan. Pemahaman mengenai kehidupan berkeluarga disekolah dapat melibatkan peran guru Bimbingan dan Konseling dengan memberikan layanan informasi. Informasi yang dapat diberikan kepada siswa-siswi yaitu informasi mengenai fungsi dan tujuan dari keluarga, hak dan kewajiban anggota keluarga, keluarga yang ideal dan juga manajemen dalam keluarga. Informasi ini diberikan untuk menambah pemahaman siswa-siswi mengenai kehidupan berkeluarga sebagai bekal mereka untuk memasuki kehidupan berkeluarga nantinya.

Penelitian ini menggunakan metode penetilian  Research and Development Borg and Gall dengan menggunakan tahap penelitian yang pertama sampai dengan yang ketujuh. Tahap pertama yang dilakukan oleh peneliti yaitu melakukan studi pendahuluan untuk mengetahui masalah yang ada dilapangan serta merumuskan kajian pustaka yang sesuai dengan masalah tersebut, selanjutnya yaitu melakukan perencanaan berupa assesment untuk mengetahui kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh siswa-siswi, berikutnya yaitu melakukan pengembangan produk awal, tahap selanjutnya uji lapangan yang pertama yaitu kepada uji ahli serta calon pengguna produk dan tahap berikutnya melakukan revisi berdasarkan uji lapangan yang pertama lalu melakukan uji kelompk kecil, dan kemudian langkah yang terakhir yaitu produk akhir dari media interaktif.

Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil penilaian yang diberikan oleh uji ahli materi dan media, calon pengguna produk dan kelompok kecil untuk menilai ketepatan, kegunaan, kemudahan kemenarikan media interaktif. Hasil yang didapatkan dari uji ahli, calon pengguna produk dan kelompok kecil berada pada rentangan nilai 3,26 sampai dengan 4 yang artinya sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah dan sangat menarik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu media interaktif yang sudah dikembangkan sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah dan sangat menarik sebagai media layanan informasi kehidupan berkeluarga untuk siswa SMKN 12 Malang.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan ini maka dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan informasi mengenai kehidupan berkeluarga sangat penting untuk diberikan kepada siswa-siswi di sekolah terutama di SMK. Salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh guru BK adalah dengan memberikan layanan informasi dengan  menggunakan media interaktif yang sangat mendukung proses pemberian layanan. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata penilaian yang didapatkan dari uji ahli, calon pengguna produk dan kelompok kecil. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti kepada konselor adalah konselor harus mempelajari mengenai kehidupan berkeluarga agar layanan dapat diberikan dengan semaksimal mungkin serta siswa-siswi lebih memahami informasi yang disampaikan.