SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

panduan permainan simulasi dalam bentuk ular tangga tentang seks pranikah untuk siswa sma

ANANTA CANDRA

Abstrak


ABSTRAK

 

Pengembangan permainan permainan simulasi dalam bentuk ular tangga ini dilatarbelakangi belum adanya media permainan yang bisa digunakan konselor untuk memberikan layanan. Selain itu, saat ini  belum optimalnya teknik permainan sebagai layanan informasi tentang seks pranikah untuk siswa SMA. Pengembangan permainan simulasi dalam bentuk ular tangga didasari masih kurangnya media bimbingan yang memuat khusus informasi seks pranikah. Sehingga, ini adalah inovasi sebuah permainan yang digemari para siswa SMA saat ini dikembangkan bisa digunakan untuk memberikan layanan informasi bersifat menyenangkan dan kekinian.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan permainan simulasi dalam bentuk ular tangga tentang seks pranikah untuk siswa SMA yang memenuhi standar. Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti, diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yaitu: (1) pengumpulan informasi (2) perencanaan, (3) mengembangkan bentuk produk, (4) uji ahli materi, (5) revisi produk berdasarkan hasil uji ahli materi, (6) uji kelompok kecil

Hasil penelitian pengembangan ini telah memenuhi uji ahli media, uji ahli materi, dan uji calon pengguna produk. Media permainan dan buku panduan di revisi atas saran dan masukan uji ahli, sehingga dihasilkan produk permainan yang sudah memenuhi standard an sudah siap untuk terjun ke lapangan.

Untuk saran kepada konselor kedepannyapermainan simulasi dalam bentuk ular tangga ini perlu diujicobakan pada subjek uji kelompok besar, diharapkan hasil produk permainan ini bisa lebih meningkatkan layanan bkdisekolah.