SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BILINGUAL DENGAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS X SMAN 4 MALANG

Lisna Dahnia

Abstrak


ABSTRAK

 

Dahnia, Lisna. 2010. Hubungan antar Kemampuan Bilingual dengan Ketrampilan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas X SMAN 4 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Sri Weni Utami, M.Si Pembimbing (II) Nur Eva, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci : kemampuan bilingual, ketrampilan komunikasi interpersonal, siswa kelas X SMAN 4 Malang

 

Dalam era globalisasi seperti sekarang, bahasa Inggris memegang peranan penting dalam komunikasi internasional baik dalam bidang pembangunan, teknologi, ekonomi, maupun pendidikan. Kemampuan berkomunikasi dengan orang lain dalam cara yang dapat dipahami, penting artinya untuk menjadi anggota kelompok. Individu yang mampu berkomunikasi dengan baik akan diterima lebih baik oleh kelompok sosial dan mempunyai kesempatan yang lebih baik untuk memerankan kepemimpinannya dari pada individu yang kurang mampu berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan bilingual dengan ketrampilan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMAN 4 Malang.

Jenis penelitian ini adalah korelasional, dalam pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik proporsional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Skala Ketrampilan Komunikasi Interpersonal dan dokumentasi rapor kelas X semester ganjil tahun ajaran 2009/2010. Uji validitas menghasilkan aitem valid sebanyak 36, yakni 18 aitem favorabel dan 18 aitem unfavorabel, r berkisar antara 0,286 sampai 0,710. Uji reliabilitas menghasilkan r= 0,931. Teknik analisis data menggunakan analisa deskriptif dan korelasi Product Moment.

  Hasil penelitian ialah: (1) secara umum kemampuan bilingual siswa kelas X SMAN 4 Malang dalam klasifikasi sedang (2) secara umum ketrampilan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMAN 4 Malang dalam klasifikasi sedang (3) korelasi antara kemampuan bilingual dengan ketrampilan komunikasi interpersonal sebesar r = 0,561 p=0,000