SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Paket Pelatihan Kematangan Emosi dengan Pendekatan Modeling Modifikasi untuk Mengurangi Tingkat Konformitas Negatif Siswa SMA

Putri Hayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata Kunci: Modeling Modifikasi, Kematangan emosi, Konformitas Negatif

Tujuan penelitian ini menghasilkan paket pelatihan kematangan emosi dengan pendekatan modeling modifikasi untuk mengurangi tingkat konformitas negatif siswa SMA. Prosedur pengembangan yang digunakan merupakan adaptasi dari sepuluh langkah model pengembangan Borg dan Gall (1983). Dari kesepuluh langkah model pengembangan paket dilakukan sampai pada tahap ketujuh, yaitu (1) reasearch and information collecting, 2) planning, 3) develop preliminary from of product, 4) primary field testing, 5) main product revision, 6) main field testing, 7) operational product revision. Metode yang digunakan dalam pelatihan kematangan emosi ialah metode pelatihan modeling modifikasi.

Data yang diperoleh dari hasil uji ahli maupun uji calon pengguna produk merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket penilaian, baik data expert judgment maupun penilaian calon pengguna. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran, kritik dari ahli materi, ahli media, dan calon pengguna pada angket. Analisis kuantitatif dianalisis menggunakan rerata. Sedangkan data kualitatif dianalisis dengan analysis interactive model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari empat langkah yaitu  pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclutions).

Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, calon pengguna konselor dan siswa, disimpulkan bahwa paket pelatihan kematangan emosi dengan pendekatan modeling modifikasi untuk mengurangi tingkat konformitas negatif siswa SMA sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah, dan menarik untuk digunakan sebagi media bimbingan pribadi khususnya kematangan emosi siswa.

Kesimpulanya penelitian pengembangan menghasilkan paket pelatihan dan panduan pelatihan kematangan emosi dengan pendekatan modeling modifikasi untuk mengurangi tingkat konformitas negatif siswa SMA, dan dapat di gunakan sebagai media pemberian bimbingan pribadi untuk meningkatkan kematangan emosi. Saran untuk penelitian pengembangan ini, diperlukannya penelitian kuantitatif eksperimen untuk mengetahui efektivitas penggunaan paket pelatihan dan panduan kematangan emosi kematangan emosi.