SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA PRESTASI AKADEMIK DENGAN KEMATANGAN KARIER SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MALANG

Novita Hosnaniah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hosnaniah, Novita, 2018. Hubungan Antara Prestasi Akademik dengan Kematangan Karier Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Carolina Ligya Radjah, M.Kes (II) Drs. Hariadi Kusumo, M.Pd.

 

Kata kunci : Kematangan Karier,   Prestasi Akademik,  siswa SMA

Kematangan karier adalah kemampuan siswa untuk membuat pilihan karier secara mandiri dan realistis dengan mempertimbangkan faktor dari lingkungan dan faktor kepribadian. Banyak faktor yang dapat memperngaruhi kematangan karier siswa. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kematangan karier siswa adalah prestasi akademik. Kematangan karier menjadi salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari tugas perkembangan siswa, namun apabila kematangan karier tersebut tidak sesuai dengan harapan, maka siswa akan mengalami suatu hambatan dalam melewati tahap perkembangan selanjutnya. Oleh karena itu, agar tidak menimbulkan permasalahan yang serius maka diperlukan untuk memahami penelitian ini.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menunjukkan hubungan antara prestasi akademik dengan kematangan karier siswa kelas XI SMA Negeri 9 Malang.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Tekhnik pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan random sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 9 Malang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 156 siswa. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah menggunakan nilai rapor siswa kelas XI semester I tahun ajaran 2017/2018 dan menggunakan skala kematangan karier. Pada penelitian ini, subjek diminta untuk mengisi skala kematangan karier kemudian skornya dikorelasikan dengan nilai rata-rata rapor siswa kelas XI semester I. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis korelasi product moment peason.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi akademik siswa kelas XI SMA Negeri 9 Malang sebagian besar tinggi dengan persentase sebesar 53,2% dan kematangan karier siswa sebagian besar dalam kategori sangat matang karier dengan persentase 65%. Uji hipotesis menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara prestasi akademik dengan kematangan karier siswa kelas XI SMA Negeri 9 Malang, dengan nilai korelasi sebesar 0,193, nilai signifikansi 0,016 dengan p < 0,05. Koefisien determinasi yang dihasilkan adalah sebesar 0,037 atau 3,7%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sumbangan variabel prestasi akademik terhadap kematangan karier adalah sebesar 3,7%.

Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi konselor, temuan penelitian ini hendaknya dapat digunakan sebagai masukan untuk konselor dalam upaya pengembangan materi bimbingan karier dengan meningkatkan prestasi akademik siswa juga, sehingga kematangan karier siswa dapat berkembang secara optimal; dan disarankan bagi sekolah, dengan adanya hasil penelitian ini, diharapkan pihak sekolah dapat bekerja sama dengan konselor untuk mengembangkan program bimbingan dan konseling, khususnya layanan bimbingan karier, mengingat pentingnnya karier bagi masa depan siswa.