SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI

DIAH SHOLEHAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Sholehah, Diah. 2018. Pengaruh Konformitas Teman Sebaya, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Prestasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Adi Atmoko, M.Si., (II) Dra. Elia Flurentin, M.Pd.

 

Kata Kunci: konformitas teman sebaya, status sosial ekonomi, prestasi belajar, minat

Seiring dengan berjalannya waktu, peran perguruan tinggi sangat penting yaitu mempersiapkan individu menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional dan dapat mengembangkan ilmu pengetahuan. Hal itu dapat dibuktikan dengan mengetahui minat individu dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Minat melanjutkan pendidikan ke keperguruan tinggi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, beberapa diantaranya adalah konformitas teman sebaya, status sosial ekonomi orang tua, dan prestasi belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh konformitas teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, (2) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,

(3) pengaruh prestasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, (4) pengaruh konformitas teman sebaya, status sosial ekonomi orang tua, dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan dapat membantu konselor sebagai dasar dalam memberikan layanan bimbingan belajar dan karir untuk siswa. Sehingga konselor perlu untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif menggunakan teknik penyebaran angket yang diberikan kepada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Genteng Banyuwangi. Sampel yang diperoleh menggunakan metode cluster random sampling. Dalam penelitian ini cara yang digunakan dalam menjawab pertanyaan dengan menggunakan angket tertutup untuk instrumen konformitas teman sebaya, status sosial ekonomi orang tua, dan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Analisis data variabel prestasi belajar menggunakan studi dokumentasi dengan melihat skala dari nilai rata-rata ujian tengah semester. Selanjutnya untuk mencari rata-rata dari nilai rapor tersebut dengan menjumlahkan seluruh nilai mata pelajaran di bagi dengan banyaknya mata pelajaran.

Hasil dari uji F hitung sebesar 4,066 dengan nilai signifikansi 0,008 < 0,05. Diketahui nilai konstanta yaitu sebesar 22,429, koefisien regresi konformitas teman sebaya yaitu sebesar 0,261, koefisien regresi status sosial ekonomi orang tua yaitu 0,159, koefisien regresi prestasi belajar yaitu sebesar 1,221. Dari hasil tersebut didapatkan persamaan regresi Y  = 22,249 + 0,261X1 + 0,159X2 + 1,221X3. Dengan demikian, variabel konformitas teman sebaya, status sosial ekonomi orang tua, dan prestasi belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap variabel minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan: (1) Bagi Konselor, dapat memanfaatkan hasil penelitian sebagai dasar dalam memberikan layanan bimbingan belajar dan karir sehingga konselor dapat memberi arahan serta dorongan kepada siswa dalam menemukan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (2) Bagi Jurusan Bimbingan dan Konseling, dapat memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu di bidang bimbingan dan konseling.