SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Konformitas dengan Keterikatan Kerja Pada Pegawai Desa di Kecamatan Turen

THORIQ YAHYA

Abstrak


Abstrak

Yahya, Thoriq. 2018. Hubungan Konformitas dengan Keterikatan Kerja Pada Pegawai Desa di Kecamatan Turen. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Fattah Hidayat, S.Psi, M.Si, (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi, M.Psi.

Kata kunci: konformitas, keterikatan kerja, pegawai desa

Pegawai desa di Kecamatan Turen kerap tidak ada di lokasi kerja pada saat jam kerja sedang berlangsung. Ketiadaan pegawai desa di tempat kerja ini berdampak pada masyarakat desa dan organisasi itu sendiri. Hal ini terjadi karena tingkat keterikatan kerja yang terdapat pada pegawai desa berhubungan dengan konformitas yang dilakukan oleh pegawai desa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan keterikatan kerja yang terjadi pada pegawai desa di Kecamatan Turen.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan dekripsi dan korelational, dengan populasi sebanyak 159 pegawai desa. Subjek penelitian dipilih menggunakan metode cluster sampling dengan jumlah subjek sebanyak 45 pegawai desa di Kecamatan Turen. Pengumpulan data menggunakan skala konformitas dengan reliabilitas 0,768 dan skala keterikatan kerja dengan reliabilitas 0,781. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebanyak 53%  pegawai desa di Kecamatan Turen memiliki tingkat konformitas yang tinggi dan 51 % pegawai desa di Kecamatan Turen memiliki tingkat keterikatan kerja yang tinggi. Hasil uji korelasi konformitas dengan keterikatan kerja pada pegawai desa di Kecamatan Turen menunjukan signifikansi sebesar 0,05 (p