SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Sinema Edukasi untuk Meningkatkan Respek Siswa Sekolah Dasar

Riris Arintya

Abstrak


ABSTRAK

 

Hubungan siswa dengan teman sebayanya didukung dengan adanya sikap-sikap positif yang dimiliki oleh setiap pribadi. Salah satunya adalah sikap saling menghormati dan menghargai yang meliputi menghormati diri sendiri, orang lain, tempat dan benda, serta perbedaan antar individu. Sikap hormat itu kemudian dikenal dengan istilah respek. Dalam meningkatkan sikap respek siswa SD, bimbingan dan konseling memiliki layanan dasar dengan strategi bimbingan kelompokyang memiliki fungsi pengembangan dan pencegahan. Sinema edukasi dipilih sebagai teknik dalam bimbingan kelompok karena sesuai dengan karakteristik belajar siswa SD yang senang terhadap hal-hal yang bersifat audio-visual.Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan sinema edukasi untuk meningkatkan respek siswa SD.

Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experimental one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang memiliki tingkat respek tergolong rendah dan sedang mendekati rendah yang terdiri dari sepuluh orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa skala respek yang telah melewati uji validitas dari 65 butir menjadi 35 butir yang dinyatakan valid, hasil uji reliabilitas sebesar 0,848 serta pedoman eksperimen dengan teknik sinema edukasi yang telah melalui uji ahli. Analisis data dilakukanmelaluiuji non-parametrikWilcoxon Signed Rank Test (WSRT)denganmenggunakanbantuan SPSS 22 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik sinema edukasi dapat meningkatkan respek siswa SD. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan skor posttest dan hasil uji Wilcoxon yang menyatakan nilai Z-2,809b serta nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,005