SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIFITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL SISWA SMP

M. BAHRUL ULUM

Abstrak


ABSTRAK

 

Keterampilan interpersonal merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam menjalin hubungan sosial. Seseorang akan mengalami kesulitan menjalin hubungan sosial apabila memiliki keterampilan interpersonal rendah terutama di lingkungan baru. Permainan sosiodrama merupakan salah satu upaya yang dapat digunakan konselor untuk meningkatkan keterampilan interpersonal siswa SMP.

Tujuan dalam penelitian adalah mengetahui keefektifan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan interpersonal siswa SMP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One GroupPretest-Posttest Design. Subjek penelitian sebanyak tujuh siswa dari kelas VII, diambil dari hasil nilai pretest terendah. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa  inventori keterampilan interpersonal. Hasil uji validitas mendapat 29 item yang valid. Sedangkan hasil uji realibilitas menunjukan 0,902 yang artinya reliabel dan layak untuk digunakan sebagai alat ukur penelitian tingkat keterampilan interpersonal siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik non-parametrik uji beda wilcoxon.

Hasil analisis menunjukan nilai signifikasi 0,018 < 0,05 (pretest 50,7 dan posttest 85,5) yang berarti teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan keterampilan interpersonal siswa SMP. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada: konselor dapat menggunakan pedoman eksperimen yang telah disusun peneliti sehingga dapat digunakan untuk memberikan layanan bimbingan di sekolah. Bagi peneliti selanjutnya apabila menggunakan pedoman ekperimen tersebut diharapkan untuk lebih dikembangkan lagi alur cerita sesuai dengan kebutuhan permasalahan siswa. Selain itu juga diharapkan untuk menguji cobakan rancangan penelitian kepada kelas VIII dan IX kemungkinan memiliki keterampilan interpersonal yang berbeda.