SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Pelatihan Keterampilan Pengambilan Keputusan Pilihan Karier Siswa Sekolah Menengah Atas

Agus Wibowo Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawan, Agus Wibowo. 2010. Pengembangan Model Pelatihan Keterampilan Pengambilan Keputusan Pilihan Karier Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi, Jurusan BKP, FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd, (II) Drs. Harmiyanto.

 

Kata kunci: keterampilan pengambilan keputusan, problem solving, pilihan karier

 

Siswa SMA sebagian besar adalah individu dalam lingkup usia masa remaja akhir memiliki karakteristik, kebutuhan, dan tugas perkembangan yang khas. Menurut Super secara teori siswa SMA dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan kariernya (Van Aalst, 1979:38). Selaras dengan Havighurst bahwa salah satu tugas perkembangan remaja atau siswa SMA adalah mempersiapkan karier dan ekonomi (dalam Hurlock, 2006:10).

Bimbingan dan konseling diharapkan dapat mengoptimalkan tuntutan tugas perkembangan tersebut dengan memanfaatkan media tepat guna, sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang mampu menyesuaikan diri sepanjang hayatnya. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu model pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling bidang karier, berupa model pelatihan keterampilan pengambilan keputusan pilihan karier siswa SMA dengan mengadaptasi prosedur pelaksanaan teknik problem solving.

Research and Development adalah metode penelitian untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji produk tersebut (Sugiyono, 2008:407). Rancangan penelitian ini mengadaptasi model prosedural research and development Borg and Gall, meliputi penggalian potensi dan masalah, pengumpulan data, pembuatan prototipe produk, validasi produk, dan revisi produk. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Blitar, sebagai populasi penelitian adalah siswa kelas X. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling, dan diperoleh anggota sampel sejumlah 45 siswa. Data kuantitatif dianalisis secara statistik deskriptif dan data kualitatif dipaparkan apa adanya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata dari penilaian ahli untuk tiap aspek penilaian produk meliputi kegunaan, kemudahan, kelayakan, kemenarikan, dan kesesuaian secara berurutan adalah (1) Rerata 2,5 diartikan sangat berguna, (2) Rerata 2 diartikan mudah untuk dilaksanakan, (3) Rerata 2,25 diartikan sangat layak sebagai model pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling bidang karier, (4) Rerata 2 diartikan menarik untuk dilaksanakan, dan (5) Rerata 2,25 diartikan sangat sesuai dengan rumusan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling bidang karier di SMA. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pelatihan keterampilan pengambilan keputusan pilihan karier siswa SMA telah berterima secara teoritis.

Rekomendasi penelitian adalah (1) Produk hasil pengembangan dapat dimanfaatkan oleh konselor untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling bidang karier di SMA, konselor sebagai pengguna untuk melaksanakan produk bagi siswa kelas X, (2) Untuk pengembangan produk lebih lanjut diharapkan peneliti selanjutnya dapat melanjutkan kegiatan penelitian yaitu untuk tahapan uji kelompok kecil dan uji lapangan guna mengetahui praktis penggunaan produk, diharapkan juga peneliti selanjutnya untuk memperluas subjek dan wilayah penelitian guna memperluas tingkat keberterimaan produk atas spesifikasi produk yang diharapkan.