SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Penerimaan Diri dan Minat Baca dengan Motivasi Berprestasi Pada Anak Tunarungu Di SLB-B Di Malang.

Monika Mitrasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Mitrasari, Monika. 2010. Hubungan Penerimaan Diri dan Minat Baca dengan Motivasi Berprestasi Pada Anak Tunarungu Di SLB-B Di Malang.  Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Weni Utami, M.Si. (II) Ika Andrini Farida, S.Psi, M.Si.

 

Kata Kunci : penerimaan diri, minat baca, motivasi berprestasi, tunarungu

 

            Ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi diataranya adalah penerimaan diri dan minat baca siswa. Penerimaan diri dan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerimaan diri dan minat baca dengan motivasi berprestasi anak tunarungu di SLB-B di Malang, serta mengetahui hubungan antara penerimaan diri dan minat baca dengan motivasi berprestasi anak tunarungu di SLB-B di Malang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, subyek penelitian ini menggunakan uji terpakai karena jumlah subyek hanya berjumlah 42 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala penerimaan diri, skala minat baca, skala motivasi berprestasi. Subyek penelitian berasal dari SLB Pembina Tingkat Nasional dan di Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisa deskriptif dan korelasi Product Moment,dan regresi linier berganda.

            Hasil penelitian ialah: (1) secara umum penerimaan diri dan minat baca anak tunarungu termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan motivasi berprestasi anak tunarungu termasuk dalam kategori sedang, (2) hasil korelasi antara penerimaan diri dan motivasi berprestasi bahwa terdapat hubungan positif =0.755, (3) hasil korelasi antara minat baca dengan motivasi berprestasi bahwa terdapat hubungan positif =0.469, (4) faktor penerimaan diri lebih banyak memberi sumbangan efektif daripada minat baca bagi motivasi berprestasi, (5) hasil regresi terdapat hubungan positif antara penerimaan diri dan minat baca dengan motivasi berprestasi pada siswa tunarungu di SLB di Malang  yang ditunjukkan dengan koefesien determinasi atau nilai R adj sebesar 0.583 dan nilai F (29.707) berada pada signifikansi (p=0,000 < 0,01).

Dari hasil penelitian disarankan agar siswa dapat meningkatkan penerimaan diri mereka, dengan memperbanyak mengikuti kegiatan-kegiatan pelatihan disekolah dan bersosialisasi dengan orang lain, bagi orang tua dapat memberikan dukungan kepada anak tunarungu, sedangkan bagi pihak sekolah dapat dilakukan dengan cara memberikan fasilitas yang mendukung tumbuh kembangnya penerimaan diri dan minat baca siswa.