SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Teknik Reframing dan Teknik Thought Stopping dalam Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMP

wahyu ningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

Ningtyas, Wahyu. 2018. Keefektifan Teknik Reframing dan Teknik Thought Stopping dalam Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMP.Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Andi Mappiare-AT, M.Pd., (II) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd.

Kata kunci: prokrastinasi akademik, teknik reframing, teknik thought stopping

               

Prokrastinasi disfungsional akademik merupakan perilaku penundaan akademik yang menjadi hambatan siswa dalam proses belajar disekolah. Prokrastinasi membawa berbagai macam dampak negatif terhadap siswa baik dalam aspek prestasi belajar maupun aspek psikologis siswa. Dalam hal ini, konseling dapat memberi intervensi agar siswa mengubah perilaku maladaptifnya. Adapun teknik konseling yang dapat membantu siswa mengubah perilaku prokrastinasi akademik yaitu dengan teknik reframing dan thought stopping.

Penelitian ini menguji keefektifan teknik reframing dalam mereduksi tingkat prokrastinasi akademik siswa dan membandingkannya dengan teknik thought stopping. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) mengetahui apakah teknik reframing efektif dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa  (2) mengetahui apakah teknik thought stopping efektif dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa, dan (3) mengetahui perbedaan keefektifan kedua teknik dalam mereduksi tingkat prokrastinasi akademik siswa.

Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dua kelompok menggunakan Quasi Experimental Posttest Only Design. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII A dan B SMPI Hidayatul Mubtadiin yang memiliki tingkat prokrastinasi sedang dan tinggi berdasarkan skala prokrastinasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kovarian. Analisis ini menekankan ada uji komparasi yang digunakan untuk menguji perbedaan dua kelompok.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik reframing dan thought stopping efektif mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa dan terdapat perbedaan keefektifan kedua teknik dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Hasil hitung didapatkan bahwa teknik reframing lebih efektif mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMPI Hidayatul Mubtadiin dibandingkan teknikthought stopping.

Penelitian ini menyarankan bagi konselor sekolah untuk melaksanakan konseling dengan teknik reframing dan thought stopping dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan waktu yang tepat, tidak mengganggu jam pelajaran siswa, melakukan improvisasi dan penyesuaian terhadap teknik saat menerapkan kedua teknik dengan subjek yang berbeda.

SUMMARY

Ningtyas, Wahyu Dwi. 2018. Effectiveness of Reframing Techniques and Thought-Stopping Techniques in Reducing Academic Procrastination Behavior of Junior High School.Thesis, Guidance and Counselling Department, Faculty of Education, State University of Malang. Advisor: (I) Prof. Dr. Andi Mappiare AT, M.Pd, (II) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd.

Kata kunci:academic procrastination, reframing, thought stopping

               

Dysfunctional academic procrastination is a behavior of academic delay which becomes a barrier for students in a learning process in school. Procrastination brings various negative impacts on students both in terms of achievement and psychological. In this case, counseling can provide assistance to students in the form of intervention so that students can change their maladaptive behavior. The counseling techniques that can help students change the behavior of academic procrastination is by reframing and thought stopping techniques.

The research using this reframing technique tested the effectiveness of the technique in decreasing the level of student academic procrastination and comparing it with thought-stopping technique. The problem of analysis are (1) to find whether the reframing technique is effective in decreasing the student's academic procrastination (2) to find whether thought stopping is effective in decreasing the student's academic procrastination and (3) to find the difference of the effectiveness of both techniques in decreasing the level of student academic procrastination.

This study used two group experimental design using Quasi-experimental Posttest-Only Design. Subjects in this study were 30 students of class VIII A and B SMPI Hidayatul Mubtadiin who had moderate and high procrastination rate based on procrastination scale. This study used covariance analysis. This analysis emphasized a comparative test used to examine the differences between the two groups.

The results found that the technique of reframing and thought-stopping effectively decreased the student's academic procrastination behavior and there are differences in the effectiveness of both techniques in reducing the student's academic procrastination behavior. The results obtained that reframing techniques more effectively reduce the behavior of academic procrastination SMPI Hidayatul Mubtadiin students than thought stopping techniques.

This research gives advice to counselors for implementing counseling with reframing and thought stopping techniques in reducing student academic procrastination behavior. For the next researcher needs to do the research at the right time, do not disturb the student's class, improvise and adjust the technique when applying the two techniques with different subjects.