SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Inventori Kematangan Karier Siswa Berbasis Website Di SMK Negeri 2 Singosari

Ahmad Fahriansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

Fahriansyah, Ahmad. 2018. Pengembangan Inventori Kematangan Karier Berbasis Website di SMKN 2 Singosari. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling , Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Widada, M.Si (II) Dr. M. Ramli, M.A

Kata Kunci: inventori, kematangan karier, SMK, Website.

            Pengembangan inventori kematangan karier dilatar belakangi belum adanya alat ukur yang digunakan konselor SMK untuk mengetahui kesiapan siswa yang akan melaksanakan Prakerin dalam menghadapi tantangan dunia kerja. Selain itu, saat ini belum ada inventori kematangan karier yang digunakan untuk mengukur kematangan karier yang di khususkan untuk siswa SMK. Pengembangan inventori dalam bentuk website didasari oleh perkembangan teknologi yang semakin modern dan bersifat instan dalam setiap sudut kehidupan, sehingga instrumen non tes yang biasanya berbentuk manual, kini mampu diolah menjadi lebih praktis dan efisien dengan menggunakan perangkat lunak atau website.

     Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan inventori kematangan karier untuk siswa SMK dalam bentuk Website yang memenuhi standar alat ukur inventori yang meliputi tingkat validitas, reliabilitas, dan kelayakan yang memadai. Model pengembangan yang digunakan, diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yaitu: (1) Research and information (penelitian dan pengumpulan data). (2) Planning (Perencanaan). (3) Develop Preliminary form of Product (pengembangan draft produk awal). (4) Preliminary Field Testing (uji coba lapangan awal). (5) Main Product Revision (revisi hasil uji coba).

Hasil uji validitas menghasilkan 46 item yang valid dengan nilai koefisien korelasi per aitem diatas 0,3. Adapun koefisien reliabilitas inventori kematangan karier adalah 0,938, angka ini termasuk korelasi tinggi dengan demikian #yang dihasilkan telah valid dan reliabel. Hasil uji ahli dan lapangan juga menunjukkan bahwa inventori kematangan karier yang dikembangkan dalam bentuk website layak untuk digunakan.

            Saran pengembang lebih lanjut yaitu: inventori ini perlu diujicobakan pada subjek uji kelompok besar, selain itu perlu dicari validitas lain untuk lebih menguatkan hasil pengembangan, misalnya mencari validitas prediktif, serta perlu dikembangkan norma yang lebih baik dengan subjek yang lebih besar.