SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Pelayanan Konseling Melalui Media Facebook

Siti Saroh

Abstrak


ABSTRAK

 

Saroh,  Siti. 2010. Pengembangan Panduan Pelayanan Konseling Melalui Media Facebook. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. M. Ramli, M.A, (II) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd.

 

Kata kunci : layanan konseling, facebook, panduan.

 

Facebook adalah sebuah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan interaksi dengan orang lain. Banyak orang memanfaatkan facebook sebagai media komunikasi tak terkecuali para siswa di sekolah berbagai kalangan. Selain itu di sekolah telah memiliki fasilitas komputer yang dapat mengakses internet dan membuka facebook  tetapi belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh konselor. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan  panduan pelayanan  konseling  melalui media facebook yang memiliki tingkat keberterimaan yang tinggi menurut penilaian ahli dan calon pengguna produk (konselor) dari segi tingkat kegunaan yang tinggi, kelayakan yang tinggi dan ketepatan yang tinggi. Panduan pelaksanaannya terdiri atas : (1) pendahuluan, (2) konselor sebagai pelaksana konseling melalui facebook, (3) keanggotaan konseling, (4) pelaksanaan konseling melalui facebook.

Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg&Gall. Pada pengembangan ini penulis menyusun panduan dengan langkah yaitu : (1) need assesment, (2) mendesain produk, (3) uji ahli, (4) revisi paket dan uji coba kelompok kecil calon pengguna produk yaitu konselor. Penilaian dilakukan oleh seorang ahli dan calon pengguna produk (konselor). Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket untuk penilaian uji ahli dan calon pengguna produk serta wawancara. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif.

Berdasarkan penilaian ahli, panduan pelayanan konseling melalui media facebook berguna, terlaksana, dan tepat. Selain itu bahasanya sudah bagus sehingga dapat mudah dimengeti dan dipahami konselor sedangkan penilaian dari calon pengguna produk (konselor) panduan pelayanan konseling melalui media facebook berguna, terlaksana, dan tepat.

Hasil penelitan disarankan penulis kepada (1) konselor sebagai pelaksana kegiatan hendaknya menerapkan panduan pelayanan konseling melalui media facebook dengan pendekatan penelitian tindakan dan dapat menambahkan bahan bacaan yang menunjang proses konseling melalui media facebook, (2) kepala sekolah perlu menyediakan komputer yang memiliki fasilitas pengaksesan internet terkait dengan penggunaan panduan yang memerlukan anggaran dan mensosialisasikan konseling melalui media facebook, (3) penelitian lanjutan yaitu perlu diadakan uji coba produk kepada sasaran siswa agar diketahui keefektifan produk yang dihasilkan dengan pendekatan penelitian tindakan.  


Teks Penuh: DOC PDF