SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Metode Relaksasi Musik Klasik-Menulis Ekspresif untuk Meningkatkan Keterampilan Mengelola Emosi Sebagai Upaya Mencegah Bulying

Imelda Bintarti

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

Bintarti, Imelda 2018. Keefektifan Metode Relaksasi Musik Klasik-Menulis Ekspresif untuk Meningkatkan Keterampilan Mengelola Emosi Sebagai Upaya Mencegah Bulying. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dany Moenindyah Handarini, M. A., (II) Drs. Djoko Budi Santoso, M. Pd.

Kata Kunci: Relaksasi musik klasik, menulis ekspresif, keterampilan mengelola emosi.    

Keterampilan mengelola emosi adalah salah satu keterampilan pribadi yang harus dimiliki oleh setiap individu. Individu dengan keterampilan mengelola emosi yang rendah akan cenderung memiliki perilaku agresif dan mudah tersulut emosi negatif. Hal ini dapat mengakibatkan individu kurang pandai untuk menerima dan mengekspresikan emosi yang dirasakannya dengan cara yang baik. Sehingga individu akan sering mengalami masalah dalam hubungannya dengan orang-orang disekitarnya.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode relaksasi musik klasik - menulis ekspresif untuk meningkatkan keterampilan mengelola emosi siswa SMP. Penelitian ini menggunakan instrument perlakuan yang telah dikembangkan oleh Irani (2015). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan rancangan eksperimen semu. Desain yang digunakan adalah eksperimen semu, yaitu  desain rangkaian waktu (The Time-Series Design) yang kelompok sasaran yang digunakan tidak dapat dipilih secara acak. Desain penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok untuk mendapatkan hasil akhir.

Hasil dari penghitungan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dapat diketahui bahwa nilai beda pada pre-test dan post-test 1 sebesar -2,941 dengan nilai siginifikansi 0,003. Kemudian antara post-test 1 dan post-test 2 nilai bedanya sebesar -3,125 dengan nilai signifikansi 0,002, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode relaksasi musik klasik dan enulis ekspresif efektif untuk meningkatkan keterampilan mengelola emosi siswa SMP.

Berdasarkan hasil penelitian diharapkan yaitu konselor maupun sekolah dapat menggunakan metode relaksasi musik klasik-menulis ekspresif untuk meningkatkan keterampilan mengelola emosi siswa SMP, sehingga hal ini diharapkan dapat menurunkan munculnya perilaku bullying.