SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Kombinasi Teknik Klarifikasi Nilai dan Permainan Peran Terstruktur untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa SMA di Sekolah

Ari Pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Penyesuaian sosial perlu dimiliki oleh setiap siswa. Namun tidak semua siswa memiliki kemampuan untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Hal itu mengakibatkan munculnya perilaku kurang bisa beradaptasi di sekolah. Dalam konteks ini, bimbingan dan konseling memiliki peran untuk mencegah munculnya permasalahan tersebut. Dengan bantuan bimbingan dalam setting kelompok memiliki manfaat untuk membantu siswa dalam mengembangkan diri secara optimal, khususnya kemampuan beradaptasi. Adapun teknik bimbingan yang dapat digunakan untuk membantu siswa yaitu kombinasi teknik klarifikasi nilai dan permainan peran terstruktur.

Tujuan penelitian yaitu untuk menguji keefektifan kombinasi teknik klarifikasi nilai dan permainan peran terstruktur untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa SMA di sekolah. Rancangan penelitian pre-eksperimental dengan bentuk one-group pretest-postest design. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih 14 siswa yang memiliki skor pretest terendah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu inventori penyesuaian sosial di sekolah, pedoman eksperimen, dan lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis statistika nonparametrik Wilcoxon Signed Rank Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi teknik klarifikasi nilai dan permainan peran terstruktur efektif untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa SMA di sekolah. Hasil penelitian tersebut dapat diketahui dari nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yang diperoleh dari uji wilcoxon sebesar 0,001 (dengan nilai Z =-3,195b). Dengan begitu dapat diketahui bahwa 0,001 < 0,005 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, terdapat beberapa saran terkait penelitian ini. Konselor disarankan dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kombinasi teknik klarifikasi nilai dan permainan peran terstruktur sebagai salah satu teknik bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian sosial siswa. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan desain penelitian yang lain seperti time series design mengingat kelemahan pada penelitian ini tidak ada kelompok kontrol.