SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Tentang Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Se Kota Malang

Wiwiet Putrianingrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Putrianingrum, Wiwiet. 2009. Survei Tentang Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Se Kota Malang. Skirpsi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing, (1) Dr Dani M Handarini, M.Pd (2) Drs. Djoko Budi Santoso

Kata Kunci: Keterampilan Sosial, Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Siswa SMK dicetak sebagai lulusan yang siap kerja dan mampu berkompetisi dengan masyarakat luas dengan berbagai keterampilan dan inovasi yang dimilikinya. Namun, pada kenyataanya banyak lulusan siswa SMK yang lulus dengan tidak siap kerja sebagaimana mestinya. Keterampilan sosial bagi siswa SMK sebagai bekal untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjanya nanti. Menurut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjelaskan salah satu tugas perkembangan siswa SMK dalam bidang bimbingan sosial adalah siswa memahami dan mewujudkan aspek-aspek sosial dalam mempersiapkan karir.

Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan keterampilan sosial siswa SMK negeri se kota Malang secara umum, 2) mendeskripsikan indikator-indikator keterampilan sosial siswa SMK negeri se kota Malang pada masing-masing jurusannya, 3) mendeskripsikan keterampilan sosial siswa SMK negeri se kota Malang ditinjau berdasarkan jenis kelamin

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK negeri di Kota Malang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan pertimbangan banyaknya berbagai macam jurusan yang ada pada tiap-tiap SMK, hanya siswa kelas XII yang menjadi sampel penelitian, karena telah melaksanakan praktik industri dan pada tiap-tiap jurusan karakter siswa berbedabeda.

Berdasarkan teknik sampling ini, subyek penelitian sebanyak 509 orang siswa yang berasal dari 18 jurusan yang berbeda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah inventori keterampilan sosial yang dikembangkan oleh Victoria Yonathan yang mengungkap 7 indikator keterampilan sosial.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) keterampilan sosial siswa jurusan pekerja sosial lebih tinggi dari pada siswa lainnya, sedangkan siswa jurusan mekanik otomotif memiliki keterampilan sosial paling rendah dari pada siswa jurusan lainnya, 2) indikator-indikator keterampilan sosial yang paling tinggi dimiliki oleh siswa jurusan pekerja sosial, sedangkan siswa jurusan mekank otomotif memiliki skor indikator yang paling rendah dari pada siswa jurusan lainnya, 3) siswa perempuan memiliki skor keterampilan sosial yang lebih tinggi dari pada siswa laki-laki.

Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka disarankan kepada pihak kepala sekolah untuk lebih mengoptimalkan para guru SMK agar dapat meningkatkan keterampilan sosial para siswanya, mengingat sebagian besar siswa masih belum memiliki keterampilan sosial yang sangat baik. Disarankan kepada Guru SMK, khusunya guru pengajar mata pelajaran sosial, agar lebih giat lagi untuk meningkatkan keterampilan sosial para siswa karena keterampilan sosial sangat diperlukan bagi siswa SMK apalagi setelah lulus sekolah. Kepada siswa SMK, disarankan untuk lebih giat belajar khusunya pada pelajaran yang berkaitan dengan keterampilan sosial agar nantinya lebih mudah bersosialisasi dengan masyarakat umum. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya, disarankan agar melakukan penelitian secara lebih mendalam dengan menggunakan pendekatan korelasional dan menambahkan variabel yang lain

 


Teks Penuh: DOC PDF