SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Paket Layanan Informasi Bahaya Penyalahgunaan Social Network (Facebook) Bagi Siswa Kelas X SMK PGRI Singosari

asri lindungsari

Abstrak


Lindungsari, Asri. 2018. Pengembangan Paket Layanan Informasi Bahaya Penyalahgunaan Social Network (Facebook) Bagi Siswa Kelas X SMK PGRI Singosari. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd.(II) Dr. H.Adi  Atmoko M.Si

 

Kata Kunci: layanan informasi, bahaya penyalahgunaan, facebook, siswa kelas X SMK

            Social Network adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Sebuah layanan jejaringan social di dunia maya yang digunakan untuk mencari teman baru, teman lama dan lainnya. Selain itu facebook sebagai sarana untuk menambah popularitas diri sehingga pengguna facebook merasa lebih percaya diri untuk menjalin suatu hubungan perteman.

Penelitian pengembangan paket layanan informasi bahaya penyalah gunaan social network (facebook )untuk mencegah dalam penyalahgunaan social network (facebook) bagi siswa kelas X SMK PGRI Singosari,  dilator belakangi oleh tingginya angka remaja hilang dikarenakan berkenalan dengan orang yang tidak kenal melalui facebook dan diajak untuk bertemuan disuatu tempat. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan konselor, beberapa fenomena dalam siswa menyalah gunaan social network (facebook) yang juga terjadi di SMK PGRI Singosari.

Tujuan pengembangan ini adalah dihasilkan sebuah media paket layanan informasi bahaya penyalah gunaan social network (facebook) bagi siswa kelas X SMK PGRI Singosari yang dapat digunakan oleh konselor dalam menarik perhatian siswa terhadap informasi yang telah disediakan.

Model  penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari strategi pengembangan Brog & Gall. Adapun prosedur pengembangan adalah: 1) tahap I penelitian dan pengumpulan data, 2) tahap II perencanaan, 3) tahap III pengembangan draf produk awal, 4) tahap IV uji coba lapangan awal, 5) tahap V revisi produk utama, 6) tahap VI uji coba lapangan utama, 7) tahap VII revisi produk akhir, 8) tahap VIII uji lapangan operasional, 9) tahap IX revisi produk akhir, 10) tahap X penyebaran/diseminasi dan implementasi.

Hasil pengembangan adalah paket layanan informasi bahaya penyalah gunaan social network (facebook) bagi siswa kelas X SMK PGRI Singosari beserta panduan penggunaannya. Berdasarkan hasil analisis data penilaian para ahli dan calon pengguna produk pada paket layanan informasi bahaya penyalah gunaan social network (facebook) dan merevisi yang telah dilaksanakan sesuai saran dan masukan dapat disimpulkan bahwa buku paket dapat diterima secara teoritis dan praktis.