SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA KONSEPDIRI DAN KECEMASAN SOSIAL WARIA PADA IKATAN WARIA MALANG

Deny Candra

Abstrak


ABSTRAK

 

Candra, Deny. 2009. Hubungan Konsep Diri dengan Kecemasan Sosial waria pada Ikatan Waria Malang. Program Studi Psikologi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sri Weni Utami , M.Si. (II) Nur Eva, S.Psi., M.Psi.

 

Kata kunci: purposive sampling

 

Data penelitian diperoleh dengan menggunakan dua skala yaitu Skala Konsep Diri dan Skala Kecemasan Sosial. Tehnik analisis data untuk melihat gambaran Konsep Diri dan Kecemasan Sosial adalah Analisis Deskriptif , sedangkan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kecemasan sosial adalah dengan analisis korelasi Product Moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% waria pada Ikatan Waria Malang memiliki konsep diri sedang dan 15% memiliki konsep diri rendah. Sebanyak 80% waria pada Ikattan Waria Malang memiliki kecemasan sosial sedang, 5% memiliki kecemasan sosial rendah dan 15% memiliki kecemasan sosial yang tinggi. Hasil analisis korelasional Product Moment menunjukkan adanya hubungan yang negatif antara konsep diri dan kecemasan sosial (rxy = -0,687 dengan nilai p=0,000


Teks Penuh: DOC PDF