SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EKSPEKTASI MASA DEPAN SISWA SMA NEGERI 1 BATU MENURUT TEMA BAHASAN KIPAS DAN IMPLIKASINYA PADA PARTISIPASI SISWA DALAM LAYANAN KONSELING

ARINDA PERMATASARI

Abstrak


Arinda Permatasari, Andi Mappiare A.T., M. Ramli

Universitas Negeri Malang

E-mail: arindadp16@gmail.com

 

ABSTRAK: Bimbingan dan konseling di sekolah adalah pelayanan untuk semua siswa yang mengacu pada keseluruhan perkembangan mereka yang meliputi empat dimensi kemanusiaan (keagamaan, kesosialan, kesusilaan, dan keindividualan). Pelaksanaan bimbingan dan konseling didasarkan pada penyusunan program-program yang nantinya diharapkan dapat mengatasi persoalan yang dihadapi siswa. Dalam istilah konseling dikenal dengan ekspektasi yang merupakan tahapan upaya-upaya yang dilakukan dalam konseling. Dimana dengan harapan atau keinginan yang belum terwujud. Setiap individu mempunyai harapan yang berbeda satu sama lain. Ekspektasi Masa Depan Siswa pada bimbingan konseling agar siswa yang mempunyai masalah dapat terbantu dimana masalah yang berhubungan dengan masa depan.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Ekspektasi Masa Depan Siswa menurut lima tema bahasan KIPAS yang meliputi tema karakter, identitas, pekerjaan, akademik, sosial siswa dalam konseling, dan mengetahui tingkat partisipasi siswa dalam layanan konseling. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif dan analisis menggunakan analisis deskriptif. Sampel penelitian dilakukan pada siswa SMAN 1 Batu, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian Ekspektasi Masa Depan Siswa menurut lima tema yang ada yaitu: karakter, identitas, pekerjaan, akademik, sosial memiliki hasil yang tinggi, dimana banyak siswa SMAN 1 Batu ikut berpartisipasi dalam layanan konseling yang sesuai dengan lima tema bahasan KIPAS.

 

Kata kunci : Ekspektasi Masa Depan, Tema Bahasan KIPAS, Impilkasinya pada Partisipasi Siswa, dan Siswa SMAN 1 Batu