SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

fektivitas Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kreativitas Verbal Pada Siswa Sekolah Dasar di MI Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang.

Lily Maulidiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Maulidiyah, Lily. 2010. Efektivitas Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kreativitas Verbal Pada Siswa Sekolah Dasar di MI Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang. Skripsi. Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Weni Utami, M.Si, (2) Ika Andrini Farida., S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: permainan tradisional, kreativitas verbal

 

Kreativitas verbal adalah suatu hal  yang sangat penting bagi anak yang mulai belajar berinteraksi dengan orang lain yaitu mempunyai kemampuan verbal yang baik dan bersifat komunikatif terhadap orang lain. Dalam hal ini perlu pembelajaran yang dilakukan dengan cara bermain. Bermain erat kaitannya dengan tumbuhnya kemampuan untuk menciptakan gagasan baru, bersuka cita terhadap hal-hal baru, dan menciptakan suatu keadaan yang baru. 

Tujuan penelitian ini adalah a).  untuk mengetahui kreativitas verbal kelompok kontrol, b). untuk mengetahui kreativitas verbal kelompok eksperimen, c). untuk mengetahui apakah permainan tradisional efektif untuk meningkatkan kreativitas verbal pada anak sekolah dasar. Subjek penelitian adalah anak MI Mamba'ul Ma'arif, berjumlah 60 anak yang berasal dari kelas yaitu Va dan Vb. Kelas Va menjadi kelompok kontrol sedangkan kelompok Vb menjadi kelompok ekpserimen. Masing-masing kelompok beranggotakan 30 orang yang kemudian dibagi menjadi kelompok kecil yang beranggotakan 5 anak pada setiap  kelompok permainan. Desain penelitian yang digunakan adalah Static Group Design, jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian  ini berupa Tes Kreativitas Verbal yang dikembangkan oleh Utami Munandar yang terdiri dari enam sub tes kreativitas verbal adalah: permulaan  kata, menyusun kata, membentuk kalimat tiga kata, sifat-sifat yang sama, macam-macam penggunaan dan apa akibatnya dan analisis data menggunakan uji beda non-parametrik Mann Whitney (Uji-U).

Hasil penelitian menunjukan bahwa:a). kreativitas verbal kelompok kontrol dengan klasifikasi sebagai berikut: sebanyak 6 orang subyek (20,00%) memiliki kreativitas verbal yang tinggi, 16 orang (53,33%) memiliki kreativitas verbal yang cukup, 8 orang subyek (26,67%) memiliki kreativitas verbal yang rendah, b) kreativitas verbal kelompok eksperimen memiliki mean sebesar 61.800, dengan klasifikasi sebagai berikut: sebanyak 22 orang subyek (73,33%) memiliki kreativitas verbal yang tinggi, 8 orang (26,67%) memiliki kreativitas verbal yang cukup, dan tidak ada subyek penelitian kelompok eksperimen yang memiliki kreativitas verbal yang rendah, c) hasil  analisis Uji-U dengan signifikansi 0,000 menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang berarti dan berpengaruh pada peningkatan kreativitas verbal pada siswa sekolah dasar melalui pemberian permainan tradisional.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada: a) guru bidang studi bahasa Indonesia diharapkan menggunakan  permainan tradisional cublak-cublak suweng dan gotri ala gotri yang telah dipraktikkan oleh peneliti untuk meningkatkan kreativitas, terutama kreativitas verbal pada siswa sekolah dasar, b) peneliti lanjutan disarankan melakukan  uji ahli terlebih dahulu terhadap permainan tradisional yang akan di gunakan.


Teks Penuh: DOC PDF