SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Media Gambar Seri pada Siswa Kelas V SDN Ngaringan 02 Kabupaten Blitar

futikah budiarti

Abstrak


ABSTRAK

Budiarti, Futikah. 2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Media Gambar Seri pada Siswa Kelas V SDN Ngaringan 02 Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Nuryati, M. Pd, (II) Dr. Alif Mudiono, M. Pd.

 

Kata Kunci: peningkatan, menulis narasi, media gambar seri

 

            Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa siswa belum memiliki kete-rampilan menulis narasi dengan benar. Dalam menulis, siswa belum sepenuhnya menuliskan unsur narasi secara lengkap. Selain itu peristiwa yang dituliskan tidak runtut sehingga sulit dipahami alur kejadian dalam cerita tersebut.

            Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi yang pada penelitian ini bertujuan un-tuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis narasi melalui media gambar seri pada siswa kelas V SDN Ngaringan 02 Kabupaten Blitar dan (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi melalui media gambar seri pada siswa kelas V SDN Ngaringan 02 Kabupaten Blitar.

            Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Rancangan tindakan disusun dalam satuan siklus yang terdiri dari pe-rencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen utama pengumpul data da-lam penelitian ini adalah peneliti dibantu guru kelas V dengan menggunakan ang-ket, lembar observasi, dan dokumentasi.

            Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, siswa mampu mencapai ketun-tasan sebesar 44% atau terdapat 4 siswa dari 9 siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II, siswa mampu mencapai ketuntasan sebesar 89% atau ter-dapat 08 siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Hal ini menunjukkan pening-katan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 45%.

            Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa, dengan menggunakan media gambar seri siswa lebih aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran, se-hingga siswa mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan oleh sekolah. Dari penelitian ini dapat disarankan bagi para guru untuk menggunakan media gambar seri pada pembelajaran menulis narasi, bagi sekolah untuk lebih be-kerja keras dalam mengembangkan metode ataupun model pembelajaran dengan menggunakan media yang lebih menarik agar mutu pendidikan di SDN Ngaringan 02 juga dapat meningkat, bagi pemerintah agar menambah motivasi dan sarana prasarana yang mendukung sekolah, bagi peneliti lain agar menggunakan media gambar seri untuk penelitiannya dalam pembelajaran menulis narasi.

           


Teks Penuh: DOC PDF