SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

SURVEI MINAT SISWA TERHADAP KEGIATAN BIMBINGAN KLASIKAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 12 MALANG

Fifi Suryani

Abstrak


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mempunyai misi utama menyiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja. Dengan demikian keberadaan SMK diharapkan mampu menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah yang siap kerja. Bimbingan dan konseling di sekolah dimaksudkan untuk membantu siswa agar dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tugas-tugas perkembangannya. Pelaksanaan pemberian bantuan dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai layanan bimbingan dan konseling, salah satunya yaitu bimbingan klasikal. Melalui kegiatan layanan bimbingan klasikal konselor dapat memberikan layanan dasar seperti: orientasi, informasi, penempatan, penyaluran, sarana pengumpulan data diri siswa dan sebagainya, oleh sebab itu maka siswa perlu mengembangkan minatnya terhadap kegiatan bimbingan klasikal. Sesuatu yang dilakukan sesuai dengan minat, maka akan memperoleh hasil yang maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa terhadap kegiatan bimbingan klasikal di SMK Negeri 12 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Subjek penelitian ini yaitu 1099 siswa SMK Negeri 12 Malang diambil 115 sampel siswa yang diambil secara acak tiap kelompok kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dikembangkan berdasarkan kajian teoritik dan uji validitas lapangan. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif melalui program microsoft excel dan SPSS for16.0. Data disajikan dalam bentuk tabel dan diagram yang mengambarkan minat siswa terhadap kegiatan bimbingan klasikal.

Hasil penelitian menujukkan bahwa minat siswa terhadap kegiatan bimbingan klasikal di SMK Negeri 12 Malang dalam kategori sangat baik. Namun ketiga aspek minat memiliki capaian yang berbeda-beda. Capaian tertinggi pertama yakni aspek afektif dengan klasifikasi sangat baik, diikuti aspek kognitif dengan klasifikasi baik yang sama dengan aspek psikomotorik dengan klasifikasi baik.

Data hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh konselor untuk mengetahui minat siswa terhadap kegiatan bimbingan klasikal di SMK Negeri 12 Malang. Konselor dapat merancang dan mengembangkan rancangan layanan bimbingan dan konseling yang memfasilitasi dan meningkatkan minat siswa agar pula capaian tujuan dapat terwujud. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memanfaatkan data hasil temuan ini untuk mengkaji lebih dalam mengenai minat siswa terhadap kegiatan bimbingan klasikal di SMK Negeri 12 Malang melalui penelitian kualitatif.