SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

TINGKAT STRES AKADEMIK SISWA SMP

Olga -Nitami

Abstrak


Kata kunci: Tingkat Stres Akademik Siswa SMP, Ujian Nasional.

Pendidikan selalu melibatkan aspek psikologis. Dalam kegiatan pembelajaran, prestasi belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Prestasi belajar dapat dimanifestasikan dalam bentuk nilai atau skor yang merupakan indikator perolehan pengetahuan. Semakin baik usaha belajar semakin baik pula prestasi yang dicapai dan pasti semakin baik juga nilai yang dihasilkan. Ujian Nasional merupakan tes beresiko tinggi. Ujian Nasional dapat dikatakan sebagai penyebab stres bagi siswa yang akan menghadapinya. Penelitian ini bertujuanĀ  untuk mengetahui tingkat stres akademik siswa SMP dalam menghadapi Ujian Nasional.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa angket/kuesioner yang dibagikan kepada 76 responden. Data penelitian angket/kuesioner ini digunakan untuk meneliti tingkat stres akademik siswa SMP dalam menghadapi Ujian Nasional. Hasil validasi berupa angket diperoleh 36 pertanyaan yang valid dari 36 pertanyaan yang disebar dan reliabilitas dari variabel tingkat stres 0,970 yang berarti reliabel. Teknik analisis data dimulai dari tabulasi (scoring) data, dianalisis menggunakan analisis deskriptif, dan selanjutnya diuji hipotesis menggunakan Software SPSS For Windows Versi 22.

Hasil analisis data diperoleh sebagian siswa mengalami kategori stres akademik sangat tinggi berjumlah 14%, kategori stres akademik tinggi sebesar 60,3% dan kategori stres akademik rendah sebesar 25%. Dapat disimpulkan bahwa siswa yang mengalami stres akademik saat menghadapi Ujian Nasional adalah tergolong tinggi, yaitu sebesar 60%.