SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kepuasan Penerimaan Gaji dan Motivasi Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Kediri

Fared Budiman

Abstrak


Kontribusi karyawan bagi perusahaan sangat dominan, karena karyawan adalah penghasil kerja bagi perusahaan. Kepuasan penerimaan gaji karyawan merupakan salah satu hal yang menentukan produktivitas kerjanya, begitupula dengan motivasi kerja.  Hal tersebut tidak boleh diabaikan oleh perusahaan demi menunjang tercapainya tujuan perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan kepuasan penerimaan gaji, motivasi kerja, produktivitas kerja karyawan. 2) Mengetahui hubungan kepuasan penerimaan gaji dengan produktivitas kerja karyawan. 3) Mengetahui hubungan motivasi kerja karyawan dengan produktivitas kerja karyawan. 4) Mengetahui pengaruh kepuasan penerimaan gaji terhadap produktivitas kerja karyawan. 5) Mengetahui pengaruh motivasi kerja karyawan terhadap produktivitas kerja karyawan. 6) Mengetahui pengaruh secara simultan kepuasan penerimaan gaji dan motivasi kerja dengan produktivitas karyawan. Hipotesis pada penelitian ini adalah “ada pengaruh kepuasan penerimaan gaji dan motivasi kerja secara simultan terhadap produktivitas kerja karyawan PT. PLN (Persero) APJ Kediri.”

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kepuasan penerimaan gaji dan motivasi kerja, sedangkan variabel terikatnya adalah produktivitas kerja dengan subyek penelitian sebanyak 40 orang karyawan PT. PLN (Persero) APJ Kediri.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) 15% karyawan memiliki kepuasan penerimaan gaji yang rendah, 72,5% yang cukup, dan 12,5% yang tinggi. 15% karyawan memiliki motivasi kerja yang rendah, 70% yang sedang, dan 15% yang tinggi. 15% karyawan memiliki produktivitas kerja yang rendah, 67,5% sedang, dan 17,5% tinggi. 2) Hubungan kepuasan penerimaan gaji dengan produktivitas kerja karyawan r=0,434; p=0,005 (p≤0,05). 3) Hubungan motivasi kerja dengan produktivitas kerja karyawan r=0,537;p=0,000 (p≤0,05). 4) Pengaruh kepuasan penerimaan gaji dengan produktivitas kerja karyawan R2=0,188 atau sebesar 18,8%. 5) Pengaruh motivasi kerja dengan produktivitas kerja karyawan R2=0,288 atau sebesar 28,8%.  6) Ada pengaruh antara kepuasan penerimaan gaji dan motivasi kerja secara simultan terhadap produktivitas kerja karyawan R2=0,299 atau sebesar 29,9%.

Dari hasil penelitian disarankan agar peneliti selanjutnya yang berminat untuk meneliti topik yang sama hendaknya mempertimbangkan faktor-faktor lain yang belum sempat terungkap dalam penelitian ini serta menyertakan hasil self-report karyawan yang mengukur produktivitas kerja karyawan.

Teks Penuh: DOC PDF