SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perkembangan Keterampilan Komunikasi dan Relasi Interpersonal Pada Anak Autis Di Sekolah Inklusi SDN Sumbersari 1 Malang

Putri Rizkiyana

Abstrak


ABSTRAK

 

Rizkiyana, Putri. 2010. Perkembangan Keterampilan Komunikasi dan Relasi Interpersonal Pada Anak Autis di Sekolah Inklusi SDN Sumbersari 1 Malang. Program Studi Psikologi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Alwisol, M. Pd (II) Anies Syafitri, S. Psi, M. Psi. Psikolog

 

Kata kunci: komunikasi, relasi interpersonal, autisme, inklusi

 

Pendidikan inklusi adalah termasuk hal yang baru di Indonesia, dimana anak berkebutuhan khusus dapat belajar di sekolah umum yang ada di lingkungan mereka dan sekolah tersebut dilengkapi dengan layanan pendukung serta pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anak. Autisme ditandai dengan kegagalan dalam menjalin hubungan sosial dan komunikasi serta adanya tindakan ritual dan kompulsif (Sugiarto, 2004). Seperti anak-anak pada umumnya, kehidupan social anak-anak berkebutuhan khusus dalam hal ini anak autisme di sekolah inklusi mereka juga dituntut untuk dapat menyesuaikan diri secara efektif, dengan atau tanpa bantuan  shadow. Dengan bersekolah di tempat yang sama dengan anak yang "normal", anak-anak autisme mempunyai kesempatan untuk berinteraksi dengan teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan keterampilan komunikasi dan relasi interpersonal anak autisme di sekolah inklusi.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif termasuk dalam studi perkembangan dengan metode cross sectional, sedangkan pengambilan sample dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis hipotesis yang digunakan adalah uji Jonckheere Terpstra. Penelitian dilakukan di sekolah inklusi SDN Sumbersari 1 Malang dengan jumlah subjek 9 anak autisme. Penelitian menggunakan skala observasional keterampilan komunikasi dan relasi interpersonal yang dikembangkan oleh peneliti, yang disusun berdasarkan bentuk keterampilan komunikasi dari Aubrey Fisher dan keefektifan relasi interpersonal dari Joseph Devito. 

Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan keterampilan komunikasi dan relasi interpersonal anak autisme di sekolah inklusi dengan signifikansi pada 0,042 


Teks Penuh: DOC PDF