SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemberian Soft Rock Music Terhadap Penurunan Agresivitas Remaja Putra

Tika Rosianawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rosianawati, T. 2010. Pengaruh Pemberian Soft Rock Musik Terhadap Penurunan Agresivitas Remaja Putra. Skripsi, Program Studi Psikologi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Prastuti, M.Si, (II) Hetti Rahmawati, S.Psi, M.Si.

 

Kata Kunci: agresivitas, remaja, soft rock music

Agresivitas merupakan bagian dari sifat yang paling hakiki dari manusia. Pada umumnya setiap manusia memiliki kecenderungan untuk bertingkah laku agresi. Agresivitas adalah perilaku menyerang atau menyakiti orang lain secara fisik dan psikis dengan perbuatan yang diekspresikan dalam bentuk kata-kata (verbal) dan perilaku (nonverbal) kepada individu lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan agresivitas remaja putra sebelum dan sesudah pemberian soft rock music dan pengaruh pemberian soft rock music terhadap penurunan agresivitas remaja putra.

Instrumen dalam penelitian ini adalah skala perilaku agresi remaja, disusun berdasarkan teori agresi Johnson dan Medinus (1974), sejumlah 40 item, 31 item valid & 9 item tidak valid, reliabilitas 0,951, mean ‏73.95. Treatmen dalam penelitian ini adalah pemberian soft rock music. Soft rock music digunakan sebagai alat untuk memberikan perlakuan kepada kelompok yang akan diberi perlakuan dengan cara mendengarkan lagu secara bersama-sama. Dilakukan selama 6 hari, dua sesi setiap harinya. Dalam setiap sesinya diberikan 8 judul soft rock music. Soft rock music tidak akan diberikan secara langsung namun akan disisipkan secara perlahan pada hard rock music sampai pada akhirnya semua musik yang diberikan adalah soft rock music.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain penelitian Two Group Pretest Posttest. Subyek penelitian sebanyak 17 orang adalah remaja putra di Universitas Negeri Malang dengan agresivitas tinggi dan sedang. Subyek dibagi menjadi dua kelompok yang mendapatkan perlakuan yang berbeda, yaitu kelompok yang diberi perlakuan mendengarkan soft rock music dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik non parametrik, Uji Mann-Whitney (U) dan Analisis Regresi menggunakan Dummy Variabel.

Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada perbedaan agresivitas remaja putra sebelum dan sesudah pemberian soft rock music dan ada pengaruh pemberian soft rock music terhadap penurunan agresivitas remaja putra. Hasil uji mann - whitney diperoleh nilai Asymptotic Significance (2-tailed) 0,034 (p


Teks Penuh: DOC PDF