SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN MOTIVASI MENYELESAIKAN SKRIPSI MAHASISWA YANG MEMILIKI PASANGAN DAN MAHASISWA YANG TIDAK MEMILIKI PASANGAN PADA MAHASISWA FMIPA UNLAM BANJARBARU

Nidya Trisna Ningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningsih, Nidya Trisna. 2010. Perbedaan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Mahasiswa yang Memiliki Pasangan dan Mahasiswa yang Tidak Memiliki Pasangan pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru. Skripsi, Program Studi Psikologi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si, M.Ed, (II) Diyah Sulistyorini, S,Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: motivasi menyelesaikan skripsi, mahasiswa.

 

Motivasi merupakan salah satu variabel yang sangat mempengaruhi kuantitas performasi seseorang dan proses hasil belajar. Motivasi merupakan kekuatan mental yang mendorong terjadinya proses belajar. Motivasi tersebut dapat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya keterlibatan  peserta didik (mahasiswa) dalam kegiatan akademik dan dalam hasil kegiatan belajar. Motivasi  merupakan keadaan dalam diri individu yang merangsang timbulnya tingkah laku, dan terus mempertahankan tingkah laku tersebut guna mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi menyelesaikan skripsi antara mahasiswa yang memiliki pasangan dan mahasiswa yang tidak memiliki pasangan.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Subyek penelitian sebanyak 60 orang yaitu 30 mahasiswa yang memiliki pasangan dan 30 orang mahasiswa yang memiliki pasangan pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam angkatan 2005 Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru, dengan menggunakan teknik sampling purposif. Metode yang digunakan untuk menyusun skala motivasi adalah metode Rating yang Dijumlahkan dari Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji-t yaitu Uji t-test independent.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji t 15,287 dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 (p


Teks Penuh: DOC PDF