SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Media Film untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri di SMKN 2 Singosari

Intan Novitasari

Abstrak


RINGKASAN

 

 

Novitasari, Intan. 2017. Keefektifan Media Film untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Carolina Ligya Radjah, M.Kes (II) Dr. Henny Indreswari, M.Pd.

Kata kunci: media film, kepercayaan diri, siswa SMK

Kepercayaan diri merupakan awal keberhasilan untuk meraih kesuksesan. Tanpa kepercayaan diri seseorang tidak akan berani mengambil inisiatif untuk bertindak dan melakukan hal-hal baru yang akan mengantarkannya pada kesuksesan. Kepercayaan diri meskipun bukan satu-satunya kunci meraih keberhasilan hidup, namun ini merupakan jalan untuk memunculkan potensi-potensi diri tanpa hambatan. Menggunakan media film adalah salah satu upaya yang dapat digunakan konselor untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa SMK.

Penggunaan media film sebagai media audio-visual dalam pembelajaran memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan penyampaian guru secara verbal atau ceramah. Hal ini berkenaan dengan upaya guru dalam membawa konsentrasi siswa pada pembelajaran melalui stimulus dengan media film. Dengan demikian siswa mampu membangun sendiri pengetahuannya melalui apa yang dilihat dan didengar. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan media film untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMK.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Peneliti berusaha untuk membandingkan tingkat kepercayaan diri sebelum siswa diberi perlakuan dengan setelah diberi perlakuan. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa skala kepercayaan diri. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik non-parametrik uji beda wilcoxon.

Subjek penelitian ini adalah siswa SMK yang berjumlah enam siswa yang memiliki skor pretest skala kepercayaan diriterendah. Setelah diberikan treatment mengalami peningkatan skor posttest. Hasil analisis menunjukkan nilai taraf signifikansi 0.028