SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN PERSEPSI LANSIA TERHADAP PERAN PANTI WREDHA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PADA PENGHUNI PANTI BERDASARKAN LATAR BELAKANG EKONOMI

Putri Achirawati Panjaitan

Abstrak


ABSTRAK

 

Panjaitan, Putri Achirawati. 2010. Perbedaan Persepsi Lansia Terhadap Peran Panti Wredha Dalam Memberikan Pelayanan Pada Penghuni Panti Berdasarkan Latar Belakang Ekonomi. Program Studi Psikologi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed., (II) Drs. Moch. Bisri, M.Si.

 

Kata kunci: persepsi, peran panti wredha, lanjut usia

 

Dewasa ini semakin banyak lansia dari berbagai latar belakang ekonomi yang tinggal di panti wredha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan persepsi lansia terhadap peran panti wredha dalam memberikan pelayanan berdasarkan latar belakang ekonomi. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan deskriptif komparatif pada 60 responden (30 lansia mampu dan 30 lansia terlantar) yang diambil dengan teknik Purposive Sampling di Panti wredha Pangesti Lawang dan Panti Wredha Bakti Luhur Malang. Data dikumpulkan dengan skala persepsi terhadap peran panti wredha dalam memberikan pelayanan, yang memiliki validitas item ≥ 0,30 dan α = 0,880. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dan chi-square. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan persepsi lansia terhadap peran panti wredha antara penghuni yang memiliki latar belakang mampu dan penghuni yang tidak mampu (terlantar) secara ekonomi (chi-square = 47,100, df = 2, p = 0,000 < 0,05). Berdasarkan penelitian disarankan kepada: (1) keluarga menyampaikan orientasi tentang peran panti wredha dalam memberikan pelayanan yang tepat bagi lansia, (2) bagi Pengelola panti memberikan pelayanan yang terstandar agar lansia tidak memiliki persepsi yang tidak tepat, (3) bagi peneliti selanjutnya agar menambah ruang lingkup vaiabel dan latar belakang penelitian di luar panti wredha.


Teks Penuh: DOC PDF