SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektifitas Konseling Kelompok Realita Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Negeri 21 Malang

Rivaldi Handita Cahya Susila

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

 

Susila, Rivaldi Handita Cahya. 2017. Efektifitas Konseling Kelompok Realita  untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Negeri 21 Malang.     Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Yuliati Hotifah, S.Psi, M.Pd., (2) Drs. Hariadi Kusumo, M.Pd.

 

Kata Kunci: konseling kelompok realita; prokrastinasi akademik; siswa SMP

 

            Prokrastinasi akademik merupakan suatu kegiatan menunda-nunda baik memulai maupun menyelesaikan tugas akademik. Prokrastinasi akademik merupakan persoalan yang memiliki dampak negatif dalam kehidupan siswa. Konseling kelompok realita merupakan salah satu teknik konseling yang dapat dilakukan untuk mengurangi prokrastinasi akademik. Melalui konseling kelompok realita siswa diajarkan untuk mengontrol tujuan hidupnya dan bertanggung jawab atas pilihan perilakunya.

            Penelitian bertujuan untuk mengetahuiefektifitas konseling kelompok realita untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa SMP.Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Pengukuran pretest dan  posttest menggunakan skala prokrastinasi akademik. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 21 Malang kelas 8.1 sejumlah 5 siswa. Penetapan subjek penelitian dilakukan berdasarkan hasil analisis angket prokrastinasi akademik kategori tinggi dan sedang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket prokastinasi akademik dan panduan eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda wilcoxon Signed Ranks Testdengan tujuan untuk mengetahui perbedaan skor prokrastinasi akademik sebelum dan sesudah pemberian treatment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik subjek penelitian mengalami penurunan yang ditunjukkan oleh skor rata-rata (mean)sebelum diberikan perlakuan (pretest) sebesar 136,4 sedangkan skor rata-rata mean  setelah diberikan perlakuan (posttest) sebesar 100. Hal ini diperkuat juga dengan hasil uji wilcoxon menunjukan nilai z hitung -2.023a,Nilai asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.043, bahwa 0.043