SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA BIBLIOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA LABORATORIUM UM

RONA ROHMAH DINI

Abstrak


ABSTRAK

 

Dini, Rona Rohmah. 2017. Pengembangan Media Biblioedukasi untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM.

Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.

Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Harmiyanto, M.Pd.

(II) Drs. Hariadi Kusumo, M.Pd.

 

Kata Kunci: biblioedukasi, motivasi belajar, siswa SMA

 

Media biblioedukasi merupakan media bimbingan dan konseling dalam bentuk buku bacaan yang dikembangkan sebagai sarana informasi yang bersifat mendidik dengan isi meliputi materi informasi yang dirancang sesuai dengan kebutuhan siswa. Diharapkan dengan mengetahui informasi yang ada dalam bacaan, dapat mendidik siswa dalam membentuk tingkah lakunya yang positif secara umum, dan secara khusus untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.  Berdasarkan hasil need assessment diketahui bahwa sebagian siswa masih membutuhkan informasi mengenai motivasi belajar. Oleh Karena itu peneliti mengembangkan media biblioedukasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Laboratorium UM.

Model penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari strategi pengembangan Borg & Gall. Adapun prosedur pengembangan adalah: 1) tahap I pengumpulan data, 2) tahap II perencanaan, 3) tahap III mengembangkan bentuk produk awal, 4) tahap IV Uji lapangan awal (ahli materi BK, ahli media, calon pengguna produk, kelompok kecil), 5) melakukan penyempurnaan produk.

Produk yang dihasilkan adalah 1) Media biblioedukasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Laboratorium UM, 2) Panduan penggunaan biblioedukasi untuk meningkatakan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Laboratorium UM. Isi/materi biblioedukasi “The Power Of Study” terdiri dari 6 point yaitu permasalahan belajar, motivasi belajar dan belajar efektif, percaya kemampuan diri sendiri, cara meningkatkan motivasi belajar, cerpen malas vs rajin, siswa-siswa berprestasi. Panduan untuk konselor terdiri dari 4 point yaitu perngantar, tujuan, petunjuk penggunaan, persiapan dan pelaksanaan pengguna buku “The Power Of Study”. Berdasarkan hasil analisis data penilaian ahli calon pengguna produk dan kelompok kecil serta revisi yang telah dilaksanakan sesuai saran dan masukan dapat disimpulkan bahwa produk ini sudah memenuhi syarat keberterimaan secara teoritis dan praktis.

Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media biblioedukasi ini diharapkan konselor sebagai pengguna produk dapat memahami dan mempelajari panduan penggunaan media biblioedukasi “The Power Of Study” serta memanfaatkan biblioedukasi sebagai media bimbingan dalam bimbingan kelompok agar siswa dapat menguasai materi yang disampaikan dengan baik.  Bagi peneliti selanjutnya, Produk hasil penelitian dan pengembangan ini dapat dilanjutkan dengan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan media biblioedukasi “The Power Of Study” untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA.