SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMA yang MenerapkanFull Day School

Andhika Cahya Putera Pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratama, Andhika CahyaPutera. 2017. Pelaksanaan Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMA yang MenerapkanFull Day School. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Ella Faridati Zen, M.Pd., (2) Drs. Hariadi Kusumo, M.Pd.

 

Kata Kunci: Full day school, layanan bimbingan dan konseling.

 

Full Day School merupakan sekolah yang menerapkan sistem belajarpembelajaran sehari penuh dengan memadukan sistem pengajaran yang intensif untuk membentuk karakter, kepribadian serta potensi siswa. Komponen yang penting dan harus dimiliki oleh suatu lembaga pendidikan salah satunya adalahlayanan bimbingan dan konseling yang terarah, disertai sarana dan prasarananya yang memadai.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling daripersonel bimbingan dan konseling dalam full day school. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara danpedomanobservasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada subjek penelitiandan observasi.Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan).Data disajikan dalam bentuk deskripsi atau uraian kata-kata dari subjek penelitian.

Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMAN 9 Kota Malang sudah dilaksanakan sesuaidenganrambu-rambu yang ada, meskipun masih belum sempurna. Pelaksanaanlayananbimbingandankonseling di SMAN 9 Kota Malang dilakukansesuaidenganprogamlayanan yang telahdibuatmelaluikegiatanpelaksananprogam.Kegiatanpelaksanaanprogammeliputilayananorientasi,layananinformasi, layananbimbingankelompok, layanankonseling, referal, home visit, konferensikasus, sertalayanankonsultasi.

Layanan bimbingan dan konseling di SMAN 9 Kota Malang ini diberikan kepada seluruh siswa agar siswa mendapatkan pengetahuan yang luas dalam memahami layanan bimbingan dan konseling yang didapatkan. Peran personel sekolah dalam mendukung pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam full day school sudah dilakukan dengan baik karena para personel sudah bekerja sesuai dengan tugas masing-masing hanya saja untuk staf administrasi hanya bekerja mendata siswa yang akan masuk perguruan tinggi.

Bagi para konselor disarankan untuk meningkatkan pemberian layanan bimbingan dan konseling sesuai rambu-rambu yang ada.Kepala sekolah diharapkan segera merenovasi ruang bimbingan dan konseling khususnya ruang konselingnya agar siswa nyaman saat berada di ruangan.