SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Attaraqqie Malang

Lia Eka Oktavia M.

Abstrak


Lia Eka.O.M. Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling di MTs Attaraqqie Malang. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling, Univesrsitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. M. Ramli, M.A, Pembimbing (II) Drs. Hariyadi Kusuma

Kata-kata Kunci: Pengembangan, Program Bimbingan dan Konseling

Bimbingan merupakan bagian yang tida terpisahkan dengan pendidikan dan pengajaran. Bimbingan dan Konseling merupakan suatu kegiatan yang sangat membantu lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan. Keberadaan Bimbingan dan Konseling merupakan bagian integral dari sistem pendidikan disamping administrasi dan penagjaran. Pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling harus sistematis dan dikemas sedemikian rupa sehingga mudah dilasanakan di sekolah. Tujuan Bimbingan dan Konseling adalah membantu siswa dalam perkembangan dirinya secara optimal, sehingga memandirikan siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut perlu mengoptimalkan layanan Bimbingan dan Konseling secara komprehensif. Program Bimbingan dan Konseling yang komprehensif adalah program yang disusun berdasarkan kebutuhan siswa dan warga sekolah yang teruji proses pengembangannya. Berdasaran penjajagan awal di MTs Attaraqqie Malang belum terdapat program BK yang dikembangkan berdasar pada kebutuhan siswa. 

Berdasar pada latar belakang tersebut tujuan pengembangan ini adalah bagaimana mengembangkan program Bimbingan dan Konseling berdasarkan analisis kebutuhan siswa dan warga sekolah yang teruji proses pengembangannya oleh uji ahli. Produk pengembangan yang dihasilkan adalah program Bimbingan dan Konseling di MTs Attaraqqie, yang isinya meliputi: definisi, rasionel, visi dan misi, layanan dasar, perencanaan individual, layanan responsif, dan layanan dukungan sistem. Kedua, panduan pelaksanaan program BK di MTs Attaraqqie Malang, yang isinya meliputi: pendahuluan, tujuan umum, tujuan khusus, strategi pelaksanaan, organisasi dan model pelaksanaan, implementasi program, dan sstrategi evaluasi pelaksanaan program.

Pengembangan ini menggunakan prosedur Gysbers dan Henderson yang di dalamnya terdapat empat tahap yaitu:  perencanaan, perancangan, penyusunan, dan evaluasi. Untuk menghasilan suatu produk yang teruji proses pengembangannya dan mempunyai tingkat kegunaan (utility), kelayakan (feasibility), dan ketepatan (accuracy), maka perlu dilakukan penilaian produk atau uji ahli. Kesimpulan penilaian dari uji ahli program BK memberi penilaian sangat tinggi terhadap tingkat kegunaan (utility), kelayakan (feasibility), dan ketepatan (accuracy). Hal ini menggambarkan bahwa produk pengembangan program Bimbingan dan Konseling layak untuk diseminasikan di MTs Attaraqqie Malang.