SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Perceived Organizational Support dan Psychological Well Being pada Pegawai Negeri Sipil di Pemerintah Kota Batu

Skolastika Audita Amortinanda

Abstrak


ABSTRAK 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perceived organizational support, dan gambaran psychological well being,serta hubungan antara perceived organizational support terhadap psychological well being Pegawai Negeri Sipil, yang  dilatarbelakangi oleh masalah penerapan sistem good governance di Pemerintah Kota  Batu. Dengan adanya penerapan kebijakan baru, menuntut para  pegawai untuk melakukan perubahan budaya dan pola perilaku kerja. Akan tetapi ketidakmampuan dalam mengikuti perubahan tersebut dapat menyebabkan pegawai tidak mampu mencapai psychological well being. Untuk dapat mencapai psychological well being,dukungan sosial sangatlah dibutuhkan oleh pegawai, salah satunya dukungan organisasi. Perceived organizational support dapat membantu  pegawai untuk merasa mendapat dukungan baik secara nyata maupun psikologis, dan memberikan peramalan akan well being seseorang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Sampel yang digunakan adalah 163 Pegawai Negeri Sipil yang ada di Kantor Among Tani, Pemerintah Kota Batu dengan teknik incidental sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa skala perceived organizational support berdasarkan teori Eisenberger dengan reliabilitas (α=0,928), serta 35 aitem dengan nilai validitas yang bergerak dari 0,250 hingga 0,755, dan skala psychological well being berdasarkan teori Ryff dengan reliabilitas (α=0,939) serta 53 aitem dengan nilai validitas yang bergerak dari 0,154 hingga 0,840. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan teknik korelasi Pearson product-moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara perceived organizational support dan psychological well being pada Pegawai Negeri Sipil di Pemerintah Kota Batu dengan nilai r=0,582 (p=0,000 < 0,05). Hubungan ini bersifat positif. Artinya semakin tinggi perceived organizational support maka akan semakin tinggi psychological well being yang dimiliki pegawai, dan sebaliknya. Saran yang diberikan pada penelitian ini adalah 1) Bagi Pegawai Negeri Sipil, dapat meningkatkan kepercayaan kepada organisasi, meningkatkan interaks ipositif dengan rekan kerja dan atasan, serta mampu mengembangkan potensi secara optimal dan terbuka terhadap pengalaman dan perubahan pada organisasi, 2) Bagi Pemerintahan, khususnya Pemerintah Kota Batu di Kantor Among Tani dapat melakukan pelatihan dan pengembangan secara berkala, serta melakukan penilaian kerja dan melakukan kenaikan pangkat/ jabatan secara objektif, dan 3) Bagi peneliti selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam pada variabel lain yang dapat meningkatkan psychological well being.