SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PAKET BIMBINGAN SINEMA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA SMP DI SEKOLAH BERBASIS PONDOK PESANTREN

LISTINA ATUL HIDAYAH

Abstrak


ABSTRAK 

 

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan  produk paket bimbingan penyesuaian diri bagi siswa kelas VII di sekolah berbasis pondok pesantren yang memenuhi aspek keberterimaan yaitu aspek kegunaan, ketepatan, kemudahan, dan kemenarikan. Metode penelitian ini diadaptasi dari model Research and Development (R&D) prosedural Borg & Gall (1983). Uji coba ahli dan lapangan terbatas (calon pengguna)dianalisis menggunakan inter-rater agreement model (Gregory, 2011). Indeks validitas uji ahli materi, media dan calon pengguna (konselor) menunjukkan kriteria sangat tinggi. Produk ini memenuhi kriteria sangat berguna, sangat tepat, sangat mudah, dan sangat menarik untuk digunakan. Berdasarkan uji tersebut dapat disimpulkan bahwa produk paket bimbingan penyesuaian diri bagi siswa kelas VII di sekolah berbasis pondok pesantren telah memenuhi kriteria keberterimaan.