SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM BINGKAI KONSELING KELOMPOK BEHAVIOR UNTUK MENINGKATKAN PENGENDALIAN EMOSI SISWA SMA

Greatta Pujalarasaty

Abstrak


ABSTRAK 

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektivan teknik self management dalam bingkai konseling kelompok behavior untuk meningkatkan pengendalian emosi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pra-eksperimen desain onegroup pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah tujuh siswa yang memiliki pengendalian emosi rendah. Data penelitian dianalisis dengan uji Wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian emosi subjek penelitian mengalami kenaikan yang ditunjukkan dari mean sebelum mendapat perlakuan pretest) sebesar 13.5 sedangkan mean setelah diberikan perlakuan posttest) sebesar 32,7. Hal ini diperkuat dengan perolehan Z dari uji wilcoxon sebesar -2,366 dengan Asymp Signifikan (2-tailed) sebesar 0,018.  Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa teknik self -management dalam bingkai konseling kelompok behavior efektif untuk meningkatkan pengendalian emosi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Malang.

Hasil dari penelitian dengan teknik self-management dengan bingkai konseling kelompok behavior efektif untuk meningkatkan pengendalian emosi siswa SMA serta konselor dapat menggunakan teknik ini untuk membantu meningkatkan pengendalian emosi. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan desin eksperimen murni untuk mengetahui keefektivan teknik ini.