SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PerbedaanTingkat PerilakuAsertifantaraSiswaKelasAkselerasidanSiswaKelasReguler di SMAN 5 Malang

Dewi . Sufiyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Sufiyanti, Dewi. 2017. PerbedaanTingkat PerilakuAsertifantaraSiswaKelasAkselerasidanSiswaKelasReguler di SMAN 5 Malang. Skripsi, JurusanBimbingandanKonseling FIP UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Harmiyanto, M.Pd, (2) Irene Maya Simon, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: perilakuasertif, kelasakselerasi, kelasreguler.

Perilakuasertifmerupakankemampuanindividuuntukmengekspresikanpikiran, perasaan, keinginandankebutuansecarajujur, terusterang, adaadanya, namuntetapmemilikidasarbahwasetiap orang memilikihakdankebutuhan yang samapentingnyadengan orang lain. Perilakuasertifberkembangsebagaihasilpengalamandan proses belajar yang panjangdalamrentangkehidupanindividu. Olehkarenaitu, setiap orang dapatmengembangkanperilakuasertif yang dimiliki. Setiapindividumemilikitingkatperilakuasertif yang berbeda-beda. Berbagaiperbedaan yang terdapatantarakelasakselerasidankelasregulersepertipotensisiswa, kurikulum, proses pembelajarandansebagainyadapatmenjadifaktor yang mempengaruhiperkembanganperilakuasertifsiswa.

Penelitianinibertujuanuntuk (1) mengetahuitingkatperilakuasertifsiswakelasakselerasi, (2) mengetahuitingkatperilakuasertifsiswakelasreguler, dan (3) untukmengetahuiperbedaantingkatperilakuasertifantarasiswakelasakselerasidansiswakelasreguler di SMAN 5 Malang.

Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdandirancangmenggunakandesainkomparatif. Populasipenelitianadalahsiswakelasakselerasidansiswakelasreguler di SMAN 5 Malang. Teknik pengambilansampeldenganteknikproportional sampling padasiswakelasakselerasidansiswakelasreguler. Data dikumpulkandenganmenggunakaninventoriperilakuasertifdandianalisisdenganmenggunakananalisisdeskriptifdananalisisuji-t.

Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaantingkatperilakuasertifantarasiswakelasakselerasidansiswakelasreguler. Nilai rata-rata (mean)tingkatperilakuasertifsiswakelasakselerasi (109,6000)lebihtinggidibandingkandengansiswakelasreguler (95,3667).NilaiprobabilitasSig (2-tailed) sebesar 0,000. Kriteriamenyebutkanapabilaprobabilitashitung (alpha (α) = 5%) maka Ho ditolakdan H1 diterima. Hal inimenunjukkanbahwaterdapatperbedaantingkatperilakuasertifantarasiswakelasakselerasidansiswakelasreguler di SMAN 5 Malang.

 

Disarankanhasilpenelitianinidapatdijadikanhimpunan data sebaagaiacuanbagikonselorsebagairujukandalammelakukananalisiskebutuhansiswatentangperilakuasertifsiswadanmenjadireferensidalammemberikanlayananuntukmeningkatkanperilakuasertifsiswaantara lain memberikanlayanankonseling individual, assertive training, danlayananbimbingankelompokteknikdiskusikelompokataubermainperan(role play).