SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi tentang Pendidikan Karakter Jujur di SMA Delapan Penjuru Angin (Panjura) Malang

Yan Indraprasti Sutarta

Abstrak


ABSTRAK

 

Sutarta, Yan Indraprasti. 2017. Studi tentang Pendidikan Karakter Jujur di SMA Delapan Penjuru Angin (Panjura) Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Hj. Muslihati, S.Ag, M.Pd  (II) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd.

 

Kata kunci:Pendidikan karakter,jujur, SMA Panjura

            Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan dari pendidikan nasional. Dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menjelaskan bahwa siswa tidak hanya cerdas secara kognitif, tetapi juga cerdas secara emosional, spiritual dan sosial.

Karakter jujur memiliki peranan penting dengan prestasi belajar dan keberhasilan siswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui karakter jujur yang diterapkan di SMA Delapan Penjuru Angin Malang. Tujuan penelitian ini adalah1)mendeskripsikan pendidikan karakter jujur di SMA Delapan Penjuru Angin Malang; 2) mengetahui strategi pendidikan karakter jujur di SMA Delapan Penjuru Angin Malang; dan 3) pemaknaan pendidikan karakter jujur di SMA Delapan Penjuru Angin Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Dalam hal ini, peneliti sebagai instrumen utama. Data penelitian berupaulasan-ulasan yang dihasilkan oleh guru dan siswa baik dalam pembentukan karakter jujur yang meliputi kegiatan akademik ataupun kegiatan non akademik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data, tahap identifikasi dan klarifikasi data, dan tahap evaluasi data.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, peneliti menemukan gambaran deskripsi perilaku jujur di SMA Delapan Penjuru Angin, terdapat dua macam perilaku kejujuran yakni jujur di dalam kelas dan jujur di luar kelas.

Kedua, terdapat beberapa strategi yang digunakan oleh guru untuk menciptakan kebiasaan jujur di sekolah, yaitu 1) ceramah 2)  kegiatan spontan dan 3) keteladanan. Ketiga, pemaknaan jujur di SMA Delapan Penjuru Angin

bahwa guru dan siswa meyakini karena hanya dengan berperilaku positif yang mampu membuat survive menghadapi tantangan.

            Studi tentang karakter jujur siswa dalam penelitian  ini berlangsung secara terus menerus dan merupakan kebiasaan yang telah menjadi budaya di sekolah. Karakter jujur yang dilakukan merupakan salah satu bentuk keunggulan di SMA Delapan Penjuru Angin.