SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektifitas Konseling Realita untuk Pengubahan Konsep Diri Siswa Broken Home

AFIFAH ARMY AGE

Abstrak


ABSTRAK

 

Age, Afifah Army. 2017. Efektifitas Konseling Realita untuk Pengubahan Konsep Diri Siswa Broken Home. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd., (2) Drs. Widada, M.Si.

 

Kata Kunci: konseling realita; konsep diri; broken home

 

Kondisi keluarga broken home menimbulkan dampak negatif pada anak. Salah satu dampak yang muncul adalah anak cenderung memiliki konsep diri yang negatif seperti memunculkan cara pandang terhadap diri sendiri yang lebih fokus pada kelemahan bukan pada kelebihan, kurang dapat menerima diri, merasa berbeda dari temannya, mudah marah dan sulit mengendalikan emosi. Penelitian ini menerapkan konseling realita sebagai upaya untuk mengetahui efektifitasnya dalam mengubah konsep diri siswa broken home tersebut.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Rancangan penelitian ini merupakan rancangan yang mencakup satu kelompok yang diobservasi pada tahap pretest yang selanjutnya dilakukan treatment dan posttest. Pengukuran pretest dan posttest menggunakan skala konsep diri yang dikembangkan dari alat ukur TSCS (Tennesse Self Concept Scale) dan data tambahan berupa essay tidak terstruktur untuk mengetahui latarbelakang keluarga yang diisi saat pretest. Subjek penelitian adalah siswa SMK Brawijaya Batu kelas X sejumlah 5 siswa. Penetapan subjek penelitian berdasarkan hasil analisis skala konsep diri dan pengisian essay yang menunjukkan konsep diri rendah serta berasal dari keluarga broken home. Analisis data menggunakan statistik non-parametrik uji Wilcoxon Signed Ranks Test.

Hasil uji menunjukkan nilai z hitung -2.023a, nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.043, bahwa 0.043