SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Teknik Problem Solving dalam Bimbingan Kelompok untuk Mereduksi Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Sekolah

MUHAMMAD NAUFAL ARIB

Abstrak


ABSTRAK

 

Arib, Muhammad Naufal. 2017. Keefektifan Teknik Problem Solving dalam Bimbingan Kelompok untuk Mereduksi Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Sekolah. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (i) Prof. Dr. Andi Mappiare, AT., M.Pd, (ii) Irene Maya Simon, M.Pd.

 

Kata kunci: problem solving, kecemasan menghadapi ujian

 

Pada dasarnya kecemasan menghadapi ujian yang dialami siswa dapat menimbulkan permasalahan dalam menjalani hidupnya apabila tidak terkondisikan dengan baik dan dapat mengganggu siswa dalam menjalani proses belajar di sekolah. Fenomena yang ditemukan peneliti dari hasil observasi yang dilaksanakan di SMP Negeri 9 Malang terhadap siswa kelas VIII terlihat cukup banyak siswa yang mengalami masalah kecemasan, khususnya kecemasan ketika menghadapi ujian sekolah. Problem solving dipandang sebagai salahsatu teknik yang tepat dalam mereduksi kecemasan siswa menghadapi ujian karena dalam pelaksanaannya siswa diminta untuk berlatih menghadapi kecemasan secara real, memahami penyebab kecemasan, mengetahui dan menemukan kesulitan yang akan dihadapi sampai pada akhirnya siswa mampu menghadapi masalah yang sedang dialami ketika menghadapi ujian.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menguji keefektifan penggunaan teknik problem solving dalam mereduksi kecemasan siswa menghadapi ujian. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen pre-experimental bentuk one-group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa yang menunjukkan skor tingkat kecemasan ujian cukup tinggi atas hasil pretest yang telah diberikan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu inventori kecemasan siswa menghadapi ujian, pedoman eksperimen dan pedoman observasi. Uji validitas instrumen kecemasan siswa dalam menghadapi ujian menggunakan perhitungan statistik analisis korelasi person pada seluruh item pernyataan. Selanjutnya, item-item pernyataan diuji reliabilitasnya dan diperoleh nilai Cronbach’s Alpha yang menunjukkan instrumen kecemasan siswa menghadapi ujian memiliki reliabelitas yang baik.

Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji beda Wilcoxon Signed Rank Test dengan membandingkan skor pretest dan posttest yang menunjukkan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan ada perbedaan tingkat kecemasan siswa menghadapi ujian sekolah setelah melaksanakan latihan teknik problem solving. Saran yang dapat diberikan yaitu: (1) konselor sebaiknya menggunakan teknik problem solving dalam mereduksi kecemasan siswa menghadapi ujian dengan menggunakan contoh kasus sesuai dengan masalah kecemasan ujian yang dihadapi oleh siswa, (2) peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan kelompok kontrol, sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih akurat

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Arib, Muhammad Naufal. 2017. Effectiveness of Problem Solving Techniques in Group Guidance for reducing Students Anxiety Over School Exams. Thesis, Department of Guidance and Counseling, Faculty of Education, State University of Malang. Supervisor: (i) Prof. Dr. Andi Mappiare, AT., M.Pd, (ii) Irene Maya Simon, M.Pd.

 

Keywords: problem solving, anxiety facing test

 

Basically the anxiety of facing the exam experienced by students can cause problems in living their lives if not well conditioned and can disrupt students in undergoing the process of learning in school. The phenomenon found by researchers from the observations conducted in junior high school against the eighth grade students seen enough students who have anxiety problems, especially anxiety when faced with school exams. Problem solving is seen as one of the proper techniques in reducing the anxiety of students facing the exam because in the implementation of the students are asked to practice real anxiety, understand the causes of anxiety, knowing and finding difficulties that will be faced until finally students are able to face the problems that are being experienced when facing the exam.

This study was conducted with the aim of testing the effectiveness of the use of problem solving techniques in reducing the anxiety of students facing the exam. This study used a pre-experimental experimental research design of onegroup pretest-posttest design. Subjects in this study were students who showed an exam's high anxiety level was high enough for the pretest result given. Instruments used in the study are students' anxiety inventory facing exams, experimental guidelines and observation guidelines. Test the validity of students' anxiety instruments in the face of the test using statistical calculation of correlation analysis of person on all items statement. Furthermore, the statement items tested reliability and obtained the value of Cronbach's Alpha which indicates the anxiety instrument students face the test has a good reliabel.

Hypothesis testing of this study using different test Wilcoxon Signed Rank Test by comparing the pretest and posttest score that shows H0 rejected, it can be concluded there is difference in anxiety level students face school exams after implementing problem solving technique exercise. Suggestions that can be given are: (1) counselor should use problem solving technique in reducing anxiety of student facing exams by using case examples according to exam anxiety problem faced by student, (2) researcher further suggested to use control group.