SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Pemberdayaan Gaya Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Kencong Jember

FIRGY RAMADHANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramadhanti, Firgy. 2017. Pengembangan Modul Pemberdayaan Gaya Belajar

untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Kencong Jember.

Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Bimbingan dan

Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (1) Drs. H. Widada, M, Si, (2) Drs. Lutfi Fauzan, M. Pd.

 

Kata Kunci :gaya belajar, prestasi akademik, siswa SMA.

 

Remaja merupakan proses perpindahan seseorang dari usia anak-anak menuju usia dewasa.Dan siswa SMA merupakan remaja merupakan proses perpindahan seseorang dari usia anak-anak menuju usia dewasa. Beberapa ahli membagi gaya belajar melalui perspektif yang bervariasi sehingga didapatkan macam-macam pembagian gaya belajar. yakni (1) gaya visual yang menjelaskan individu lebih menyukai memproses informasi melalui penglihatan, (2) auditori yang menyukai informasi melalui pendengaran dan (3) kinestetik yang menyukai informasi melalui gerakan, praktik atau sentuhan.Prestai belajar ditunjukkan dengan skor atau angka yang menunjukkan nilai-nilai dari sejumlah mata pelajaran yang menggambarkan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh siswa.

Tujuan pengembangan ini secara umum adalah menghasilkan produk modul yang berterima secara teoritis dan praktis. Secara spesifik pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul pemberdayaan gaya belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA dan panduannya yang berterima.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Borg and Gall. Adapun prosedur pengembangannya adalah: (1) studi pendahuluan dan perencanaan: melakukan studi pustaka, (2) pengembangan produk: menyusun prototipe, isi dan alat evaluasi produk, (3) uji coba produk: penilaian ahli (ahli materi BK dan ahli media), dan uji calon pengguna produk (konselor dan siswa), (4) revisi produk, dan (5) produk akhir.Teknik analisis data pada penilitian dan pengembangan ini ada dua macam yaitu analisis angka dan analisis verbal (kalimat deskriptif secara tertulis)

Produk yang dihasilkan adalah modul pemberdayaan gaya belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA dan panduannya. Berdasarkan hasil penilaian ahli dan uji calon pengguna (konselor dan siswa), secara keseluruhan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk dapat berterima secara teoritis dan praktis.

Dengan adanya modul gaya belajar diharapkan konselor mempelajari materi yang terdapat pada modul. Setelah adanya uji keefektifan modul, diharapkan konselor sebagai pengguna produk benar-benar mempelajari dan memahami modul serta panduannya sebelum menggunakan.