SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Teknik Self Instruction untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMK Negeri 2 Malang

KUMIL LAILAH

Abstrak


ABSTRAK

Lailah, Kumil. 2017. Keefektifan Teknik Self Instruction untuk Mengurangi

Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMK Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Ella Faridati Zen, M.Pd., (II) Dra. Elia Flurentin, M.Pd.

 

Kata Kunci: self instruction, prokrastinasi akademik, siswa SMK

 

Prokrastinasi akademik merupakan suatu tindakan penghindaran atau menunda-nunda suatu pekerjaan yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang. Penundaan yang dilakukan disebabkan oleh adanya keyakinan-keyakinan irasional dalam memandang tugas. Prokrastinasi akademik menjadi persoalan yang penting karena memiliki akibat luas jika tidak segera diatasi. Self instruction merupakan salah satu teknik konseling yang dapat digunakan untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik. Melalui teknik self instructaion, siswa diajarkan untuk mengganti pikiran negatif yang muncul menjadi pikiran positif baru untuk memperbaiki perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah teknik self instruction efektif untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMK.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian One Group Pretes-Posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Malang sebanyak 5 orang siswa yang dipilih berdasarkan hasil pengisian inventori prokrastinasi akademik dan memiliki kategori skor prokrastinasi akademik tinggi dan sedang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah inventori prokrastinasi akademik, panduan eksperimen dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon Signed-Rank. Analisis statistik menggunakan uji beda two related samples test Wlicoxon ini digunakan untuk mengetahui perbedaan prokrastinasi akademik siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment

Hasil penelitian menunjukkan nilai pada analisis Wilcoxon Signed-Rank,

Z = -2.032 dengan sig = 0.042. Angka sig = 0.042 berarti