SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung

Nurlaily Febriyanti

Abstrak


ABSTRAK

Febriyanti, Nurlaili. 2017. Pengembangan Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd. (II) Drs.Widada, M.Si.

 

Kata kunci: Kecerdasan emosional, peserta didik SMA, permainan simulasi

Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Kecerdasan emosional dapat sebagai kemampuan psikologis yang telah dimiliki oleh tiap individu sejak lahir, namun tingkatan kecerdasan emosional tiap individu berbeda, ada yang menonjol dan ada pula yang tingkat kecerdasan emosional mereka rendah. Oleh karena itu peneliti mengembangkan permainan simulasi untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di SMA dengan tujuan konselor untuk menghasilkan sebuah media berupa permainan simulasi yang berisi tentang meningkatkan kecerdasan emosional  peserta didik.

Model penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari strategi pengembangan Brog & Gall. Adapun prosedur pengembangan adalah: 1) tahap I penelitian dan pengumpulan data, 2) tahap II perencanaan, 3) tahap III pengembangan draf produk awal, 4) tahap IV uji coba lapangan awal, 5) tahap V revisi produk utama, 6) tahap VI uji coba lapangan utama, 7) tahap VII revisi produk akhir, 8) tahap VIII uji lapangan operasional, 9) tahap IX revisi produk akhir, 10) tahap X penyebaran/diseminasi dan implementasi/pelaksanaan.

Produk yang dihasilkan adalah Panduan Simulasi dan Konseling untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMA Negeri 1 Ngunut bagi Konselor. Panduan konselor ini berisi 5 bagian yaitu bagian I pendahuluan, bagian II panduan pelaksanaan, bagian III prosedur, bagian IV matriks dan bagian V evalusi. Berdasarkan hasil analisis data penilaian ahli materi bimbingan, ahli media, calon pengguna produk dan kelompok kecil (peserta didik yang berjumlah 10 anak) serta revisi yang telah dilaksanakan sesuai saran dan masukan dapat disimpulkan bahwa produk dapat berterima secara teoritis dan praktis.

Produk hasil penelitian dan pengembangan ini dapat dilanjutkan dengan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan panduan permainan simulasi untuk meningkatkan kecerdasan emosional di SMA.