SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEEFEKTIFAN SINEMA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMK

Sofian Aries Saputra

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputra, Sofian Aries 2017. Keefektifan sinema edukasi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMK. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hariadi Kusumo, M.Pd  (II) Drs. Djoko Budi Santoso, M.Pd.

 

Kata kunci: sinema edukasi, kepercayaan diri

 

Kepercayaan diri adalah orang yang yakin dengan kemampuan yang dimilikinya serta memiliki pengharapan yang realistis, bahkan ketika harapannya tidak terwujud tetap berpikir positif dan berusaha untuk menerimanya. Kepercayaan diri juga mampu menjadi pendorong remaja bertindak tanpa adanya rasa ragu ataupun cemas dalam dirinya. Namun kenyataannya sekarang tidak semua remaja dapat memiliki kepercayaan diri, sehingga membutuhkan teknik ataupun treatment untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam diri remaja saat ini yaitu dengan teknik sinema edukasi.

Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan penggunaan teknik sinema edukasi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan bimbingan kelompok dengan teknik sinema edukasi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMK.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest Posttest One Group Design, dimana dalam desain eksperimen ini, observasi dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada saat pretest dan posttest. Berdasarkan hasil pretest dan posttest diketahui perbedaan tingkat kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah perlakuan.

Berdasarkan hasil analisis uji Wilcoxon pada saat sebelum perlakuan, perlakuan dan sesudah perlakuan menunjukkan bahwa Nilai beda (z) sesudah dengan sebelum treatment adalah Z = -2,207 dan nilai signifikansinya (2-tailed) adalah 0,027. Nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (nilai asyimp.sig < 0,05) menunjukkan bahwa H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik sinema edukasi efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X SMK. Hal ini tampak dari sebelum dilakukan perlakuan dan sesudah silakukan perlakuan. Masing-masing subyek menunjukkan adanya peningkatan tingkat kepercayaan diri.

Berdasarkan kesimpulan, dapat dikatakan bahwa sinema edukasi efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa  SMK, dikemukakan beberapa saran yang perlu dipertimbangkan, yaitu: (1) Konselor dapat menggunakan sinema edukasi dengan dinamika bimbingan kelompok maupun bimbingan klasikal sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. (2) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan sinema edukasi yang lebih kreatif, dan diusahakan menggunakan film yang berbahasa Indonesia untuk mempermudah siswa dalam memahami isi dan makna dalam film.