SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Teknik Self-Instruction untuk Meningkatkan Self-Efficacy Akademik Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM

Jessy Ardilla Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Jessy Ardilla. 2017. Keefektifan Teknik Self-Instruction untuk Meningkatkan Self Efficacy Akademik Siswa SMA Laboratorium UM. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd, (II) Dr. Hj. Muslihati, M.Pd.

 

Kata Kunci: teknikself-instruction, self-efficacy, siswa SMA

 

Self-Efficacy (keyakinandiri) mengandung makna kepercayaandiri yang dimiliki individu untuk dapat mengorganisasikan dan memiliki tindakan yang diperlukan dalam menghadapi situasi khusus yang mungkin terdapat kekaburan, tidak dapat diprediksi dan penuh tekanan. individu yang memiliki self-efficacy rendah yaitu mereka kurang yakin akankemampuan yang mereka miliki, saat dalam situasi pembelajaran dikelas mereka akan terlihat kurang aktif dalam menyampaikan pendapatatau menjawab pertanyaan karena ragu dan takut dengan apa yang akan disampaikan.Individu yang meragukanself-efficacy (keyakinandiri) mereka, cenderung akan terpaku pada hal-hal yang bias mengakibatkan kegagalan. Keyakinan diri dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik selfinstruction. Teknik self-instruction adalah teknik yang berperan untuk mengganti verbalisasi diri yang kurang tepat dengan verbalisasi diri yang lebih dapat diterima dengan tujuan untuk menghasilkan perilaku adaptif.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik selfinstruction untuk meningkatkan self-efficac ysiswa SMA Laboratorium UM. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimen Design, dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest, dimana ilakukan pengukuran sekali sebelum dan sesudah perlakuan untuk mengetahui hasil atau perbedaan tingkat self-efficacy (keyakinandiri) subjek penelitian. Instrumen penelitian berupa inventori self-efficacy akademik yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil validitas terdiri atas 58 item valid dari 70 item awal dan memiliki nilai koefisien reliabilitas 0,966. Subjek penelitian yang dipilih menggunakan teknikpurposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa X IBB1 SMA Laboratorium UM yang memiliki tingkat self-sfficacy (keyakinandiri) akademik rendah sebanyak 2 orang dan sedang sebanyak 3 orang.

Penelitian menggunakan analisis data statistik non-parametrik. Data penelitian yang telah terkumpul di analisis dengan ujiWilcoxon. Analisis data dilakukan dengan membandingkan skor pretest dan posttest setelah pemberian konseling kelompok dengan teknik self-instruction. Hasil penelitian disimpulkan bahwa teknik self-instruction efektif untuk meningkatkan self-efficacyak ademik siswa kelas X IBB1 dilihat dari nilai symp.sig (2-tailed) untuk uji dua sisi adalah 0,043. Signifikansi dibawah 0,05 (0,043